Hubungan Antara Nilai-Nilai Anumana Sutta Dan Mahagopalaka Sutta Dengan Karakter Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Sebagai Calon Dharmaduta Yang Berkualitas

Sumarno Sumarno

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara nilai-nilai Anumana Sutta dan Mahagopalaka Sutta dengan karakter mahasiswa sebagai calon Dharmaduta yang berkualitas. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Sriwijaya Tangerang, Banten, pada tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik populasi. Total populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 141 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non-tes dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi ganda yang dilanjutkan dengan uji korelasi parsial. Analisis data dilakukan menggunakan komputer dengan aplikasi SPSS Statistics Versi 15.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara nilai-nilai Anumana Sutta dan Mahagopalaka Sutta secara bersama-sama dengan karakter mahasiswa sebagai calon Dharmaduta yang berkualitas, dengan nilai F sebesar 84,317 dan probabilitas (p) sebesar 0,000. Nilai korelasi (R) yang diperoleh adalah 0,791 (kategori kuat). Kontribusi yang diberikan oleh variabel Anumana Sutta (X1) dan nilai Mahagopalaka Sutta (X2) secara bersama-sama terhadap variabel karakter mahasiswa sebagai calon Dharmaduta (Y) adalah sebesar 61,8%. Hasil analisis korelasi parsial pertama menunjukkan bahwa ada korelasi antara nilai-nilai Anumana Sutta (X1) dengan karakter mahasiswa sebagai calon Dharmaduta (Y) setelah variabel Mahagopalaka Sutta (X2) dikontrol, dengan nilai T sebesar 4,100 dan probabilitas (p) sebesar 0,000. Nilai korelasi (r) yang diperoleh adalah 0,378 (kategori lemah). Hasil analisis parsial kedua menunjukkan bahwa ada korelasi antara variabel Mahagopalaka Sutta (X2) dengan karakter mahasiswa sebagai calon Dharmaduta (Y) setelah variabel Anumana Sutta (X1) dikontrol, dengan nilai T sebesar 0,5941 dan probabilitas (p) sebesar 0,000. Nilai korelasi (r) yang diperoleh adalah 0,509 (kategori sedang).

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara nilai-nilai Anumana Sutta dan Mahagopalaka Sutta dengan karakter mahasiswa sebagai calon Dharmaduta. Oleh karena itu, mahasiswa dapat memahami nilai-nilai Anumana Sutta dan Mahagopalaka Sutta untuk memiliki karakter berkualitas sebagai calon Dharmaduta.

   

Keywords


Hubungan, Nilai-Nilai Anumana Sutta, Mahagopalaka Sutta, Karakter Mahasiswa

References


Dendy Sugono. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kaharudin, Pandit J. 2005. Abhidhammatthasangaha. Tangerang: Vihara

Padumuttara.

Kaharudin, Pandit Jinaratana. 2004. Kamus Umum Buddha Dharma. Jakarta: Tri

Sattva Buddhist Centre.

Kusaladhamma. 2007. Kronologi Hidup Buddha. Jakarta: Yayasan Penerbit

Karaniya.

Jo Priastana. 2005. Komunikasi dan Dharmaduta. Jakarta: Yasodara Puteri.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats