Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Di Tk Punna Karya

Ici Kristina

Abstract


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah belum adanya deskripsi yang komprehensif tentang dampak pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran di TK Punna Karya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran di TK Punna Karya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah orang tua murid TK Punna Karya, guru, dan TK Punna Karya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Mei 2021. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data meliputi credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Dampak pandemi Covid-19 terhadap orang tua, guru, dan anak di TK Punna Karya berasal dari; perlakuan orang tua murid yaitu (a) anak harus menuruti aturan dari orang tua, (b) tidak terlalu memanjakan anak, (c) Ikut belajar bersama anak, (d) Kurang sabar saat mendampingi anak belajar, (e) Kurang mendampingi anak saat belajar, (f) Nada bicara orang tua meninggi dan mengancam anak. (2) Dampak pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran di TK Punna Karya yaitu; (a) kemandirian anak ini seperti anak bisa mandiri, (b) kurang mandiri, (c) duduk rapih, (d) disiplin, (e) anak dapat merapikan mainan nya. (3) Upaya Untuk Mengatasi Dampak pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran di Punna Karya, upaya dari orang tua yaitu; (a) memberi tahu anak, (b) mendampingi anak, (c) bersabar dalam mendampingi anak belajar, (d) menyediakan makanan kesukaan anak, (e) membatasi anak dalam bermain handphone, (f) belajar sambil bermain, dan (g) dikasih iming-iming. Adapun upaya dari guru untuk orang tua yaitu; (a) memberikan surat resmi dari sekolah kepada orang tua murid mengenai pembelajaran daring, (b) memberikan kelonggaran waktu pengumpulan tugas, (c) membagikan materi sebelum hari pembelajaran kepada orang tua, (d) mengadakan kelas malam untuk orang tua yang sibuk bekerja, (e) memberikan video pembelajaran, dan  (f) mengadakan kelas tambahan bagi.


Keywords


: pembelajaran TK, pandemi covid-19, video pembelajaran.

Full Text:

PDF 93-100

References


Darmalaksana, W., Hambali, R., Mansyur, A., & Muchlas, M. (2020). Analisis pembelajaran Online Masa WFH Pandemi Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, Vo. 3 No. 1: 99-110.

Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suardi. 2018. Belajar & pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Yurianto, Ahmad, Bambang Wibobo, K. P. 2020. Pedoman Penvegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats