Analisis Potensi Penyebab Kecurangan Akademik Mahasiswa STABN Sriwijaya

Ahsanul Khair Asdar

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif
yang bertujuan untuk menganalisis potensi penyebab kecurangan akademik
mahasiswa STABN Sriwijaya. Penelitian ini melibatkan 104 mahasiswa yang
dipilih menggunakan disproportionated stratified random sampling. Data
penelitian dikumpulkan menggunakan angket dengan skala Likert
termodifikasi (skala empat). Angket tersebut memuat 48 butir pernyataan
yang terbagi ke dalam komponen tekanan (pressure) sebanyak 10 butir
pernyataan, peluang (opportunity) sebanyak 15 butir pernyataan, rasionalisasi
(rationalization) sebanyak 13 butir pernyataan, dan kemampuan (capability)
sebanyak 10 butir pernyataan. Keseluruhan data dianalisis dengan
menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
komponen yang paling dominan berpotensi menjadi penyebab mahasiswa
STABN Sriwijaya melakukan kecurangan akademik adalah komponen
tekanan (pressure) dengan rerata skor mencapai 64,59 khususnya pada
indikator tekanan keuangan, kemudian disusul dengan komponen
kemampuan (capability) dengan rerata skor mencapai 61,97 khususnya pada
indikator kemampuan menempatkan diri. Sementara komponen peluang
(opportunity) memperoleh rerata skor mencapai 57,96 khususnya pada
indikator kurangnya pengendalian untuk mencegah dan/atau mendeteksi
kecurangan dan komponen rasionalisasi (rationalization) dengan rerata skor
mencapai 57,05 khususnya pada indikator tidak ada pihak yang dirugikan.


Keywords


kecurangan akademik, mahasiswa buddhis, tekanan, peluang, rasionalisasi, kemampuan

Full Text:

1-22

References


Abdullahi, R., Mansor, N., & Nuhu, M. S. (2015). Fraud triangle theory and fraud diamond theory: Understanding the convergent and divergent for future. European Journal of Business and Management, 7(28), 30–37.

Albrecht, W. S., Albrecht, C. O., Albrecht, C. C., & Zimbelman, M. F. (2012). Fraud examination (4th ed.). South-Western.

Anderman, E. M., & Murdock, T. B. (2006). Psychology of academic cheating. Academic Press.

Asdar, A. K. (2019a). Pengaruh fraud diamond terhadap integritas akademik mahasiswa. Jurnal Sati Sampajanna, 8, 1–12.

Asdar, A. K. (2019b). Validitas konstruk instrumen fraud diamond. Jurnal Vijjacariya, 6(2), 139–154.

Becker, D. A., Connolly, J., Lentz, P., & Morrison, J. (2006). Using the business fraud triangle to predict academic dishonesty among business students. Academy of Educational Leadership Journal, 10(1), 37–54.

Davis, S. F., Drinan, P. F., & Gallant, T. B. (2009). Cheating in school: What we know and what we can do. Wiley-Blackwell.

Genereux, R. L., & McLeod, B. A. (1995). Circumstances surrounding cheating: A questionnaire study of college students. Research in Higher Education, 36(6), 687–704.

Harding, T. S., Carpenter, D. D., Finelli, C. J., & Passow, H. J. (2004). Does academic dishonesty relate to unethical behavior in professional practice? An exploratory study. Science and Engineering Ethics, 10(2), 311–324. https://doi.org/10.1007/s11948-004-0027-3

Hughes, J. M. C., & McCabe, D. L. (2006). Academic misconduct within higher education in Canada. Canadian Journal of Higher Education, 36(2), 1–21. https://doi.org/10.47678/cjhe.v36i2.183537

Kassem, R., & Higson, A. (2012). The new fraud triangle model. Journal of Emerging Trends in Economics and Management Sciences (JETEMS), 3(3), 191–195.

Murdiansyah, I., Sudarma, M., & Nurkholis. (2017). Pengaruh dimensi fraud diamond terhadap perilaku kecurangan akademik (Studi empiris pada mahasiswa magister akuntansi Universitas Brawijaya). Jurnal Akuntansi Aktual, 4(2), 121–133.

Purnamasari, D. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecurangan akademik pada mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1), 13–21.

Rae, K., & Subramaniam, N. (2008). Quality of internal control procedures: Antecedents and moderating effect on organisational justice and employee fraud. Managerial Auditing Journal, 23(2), 104–124. https://doi.org/10.1108/02686900810839820

Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th ed.). Pearson Education, Inc.

Shon, P. C. H. (2006). How college students cheat on in-class examinations: Creativity, strain, and techniques of innovation. Plagiary: Cross-Disciplinary Studies in Plagiarism, Fabrication, and Falsification, 1, 130–148.

Sierra, J. J., & Hyman, M. R. (2008). Ethical antecedents of cheating intentions: Evidence of mediation. https://doi.org/10.1007/s10805-008-9056-x

Wolfe, D. T., & Hermanson, D. R. (2004). The fraud diamond: Considering the four elements of fraud. The CPA Journal, 74, 38–42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats