Penggunaan Model STAD Berbantuan Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Kemampuan Memahami Keajaiban Pencapaian Penerangan Sempurna SDN Jrahi 01 Gunungwungkal Pati Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023

Sunarti Sunarti, Hadi Widodo

Abstract


Penelitian tentang Pendidikan Agama Buddha di kelas VI SDN Jrahi 01 semester I tahun pelajaran 2022/2023 mengungkapkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Keajaiban Pencapaian Penerangan Sempurna masih rendah, dengan hanya 33% siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, padahal target peneliti adalah 85%. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapkan Metode Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dengan bantuan komik, bertujuan meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tiga pertemuan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan: motivasi belajar siswa meningkat dari 33% di pra-siklus menjadi 67% di siklus I dan 100% di siklus II, sementara pemahaman materi meningkat dari 33% menjadi 67% di siklus I dan 100% di siklus II. Nilai rata-rata siswa naik dari 63 di pra-siklus menjadi 77 di siklus I dan 90 di siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan Metode Pembelajaran STAD dengan bantuan komik efektif meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa pada materi Keajaiban Pencapaian Penerangan Sempurna.


Keywords


model berbantuan komik, motivasi, kemampuan, penerangan sempurna

Full Text:

PDF 59-69

References


Arindawati. (2004). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division. Retrieved November 1, 2016, from http://www.scribd.com

Ilmah, C. (2006). Peningkatan Proses Pembelajaran tentang Luas Bangun Melalui Model Kooperatif STAD dan Kuis pada siswa kelas VI SDN Sadang Taman Sidoarjo. Kemitraan antara Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang dengan Ditjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2003). Pengertian Motivasi Belajar. Jakarta: P.T. Bumi Aksara.

Hafid, H. (2011). Skripsi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sadtyadi, H., & Unmarnatu. (2018). Pendidikan Agama Buddha kelas VI.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2001). Pengertian Komik. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2001). Pengertian Motivasi Belajar. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Mujianto, P. (2008). Model-model Pembelajaran Yang Efektif. Semarang: Depdiknas.

Republik Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.

Roestiyah. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Retrieved October 25, 2016, from http://www.sarjanaku.com/2011/03/pembelajaran-kooperatif-tipe-stad.html

Sukarni. (2013). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa tentang Hitung Pecahan Melalui Model STAD di Kelas VI SDN Sidomulyo 01 Gunungwungkal Pati Tahun 2013/2014. (PTK PAK Dinas Pendidikan Kabupaten Pati 2014).

Kusaladhamma, Bhikkhu. (2009). Kronologi Hidup Buddha. Jakarta: Ehipassiko Foundation.

Wiji. (2014). Lomba Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Semarang.

Eisner, W. (1996). Graphic Storytelling. Retrieved August 26, 2016, from http://www.google.com

Winata, P. U. S. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dhammananda, S. (2005). Keyakinan Umat Buddha. Jakarta: Ehipassiko Foundation-Yayasan Penerbit Karaniya.

Widyadharma, S. P. (2004). Riwayat Hidup Buddha Gautama. Jakarta: Yayasan Pendidikan Buddhis Nalanda.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats