Pembelajaran Kontekstual Pada Pendidikan Agama Buddha

Iin Suwarni

Abstract


Tujuan dari pendidikan Buddha merupakan isu mendasar dalam kehidupan manusia. Upaya untuk mencapai tujuan pendidikan Buddha di sekolah salah satunya dilakukan melalui pengembangan strategi yang fokus pada kreativitas siswa melalui praktik langsung dari materi yang telah dipelajari. Dengan memprioritaskan praktik langsung, pendidikan Buddha memungkinkan siswa untuk mengarahkan konstruksi pengetahuan tentang Buddha dalam konteks kehidupan dunia nyata. Dalam tulisan ini, kita akan menjelaskan pembelajaran kontekstual dan implementasinya dalam pendidikan Buddha. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode penelitian kualitatif, khususnya penelitian pustaka. Untuk guru dapat menerapkan pembelajaran kontekstual dalam pendidikan Buddha. Melalui implementasi pembelajaran kontekstual dalam pendidikan Buddha, diharapkan siswa memiliki pengetahuan kontekstual tentang Buddha.

 

   

Keywords


Pembelajaran Kontekstual, Pendidikan Agama Buddha

Full Text:

129-139 PDF

References


Bransford JD. Landasan Sistem Pembelajaran Kontekstual. (online), http:

/www.millville.cache k12.ut.us./Millville/ Teachers / Carles/

phllosophy/contruc.htm, (diakses November 2016).

Deni Swarja. 2008. KBK Tantangan Profesionalitas Guru. (online). http:

/www.depdiknas.go.id.kbk.html, (diakses November 2016).

Dhammapada Atthakatha. Terjemahan oleh Tim Penerjemah Vidyasena, 2003,

Yogyakarta: Vidyasena Vihara Vidyaloka.

Dhammapada. Terjemahan oleh Surya Widya, 2002. Jakarta: Yayasan Abdi

Dhamma Indonesia.

Dikdasmen. 2011. Bahan Dasar Wawasan Kependidikan Guru Agama Buddha SLTP

(I). Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Handayani. 2004. Penelitian Pembelajaran ~~ Kontrukstivim. (online), http:

/www.depdiknas.go.id, (diakses November 2016).

Indaratano. 2003. Siswa-siswa Utama Sang Buddha. Jakarta: Wanita Theravada

Indonesia.

Nanamoli. Tanpa Tahun. Majima Nikaya (I). Terjemahan oleh Lanny Anggawati,

Wena Cintiawati. 2002. Klaten: Vihara Bodhivamsa.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar

dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Nyanaponika.Petikan Anguttara Nikaya (I). Terjemahan oleh Lanny anggawati.

Klaten: Vihara Bodhivamsa.

Petikan Anguttara Nikaya (III). Terjemahan oleh Lanny anggawati. 2002. Klaten:

Vihara Bodhivamsa.

Suyadi.Strategi Pendidikan Karakter.2013.Bandung

Tim Penyusun. Tanpa tahun. Format Pendidikan Buddhis Abad 21. Jakarta: Buddha

Gautama Society.

Wijaya Mukti, Krisnanda. 2003. Wacana Buddha Dhamma. Jakarta: Yayasan

Pembangunan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats