Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru Agama Buddha

Tri Amiro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh kepemimpinan sekolah dan komunikasi terhadap kinerja guru agama Buddha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, terutama teknik statistik, dan metode eks post facto. Jenis penelitian ini adalah studi multiple regresi, yaitu signifikansi pengaruh kepemimpinan sekolah dan komunikasi terhadap kinerja guru agama Buddha. Subjek penelitian adalah guru agama Buddha di sekolah-sekolah negeri dan swasta di Kota Tangerang, Provinsi Banten, dengan jumlah responden sebanyak 54 orang. Hasil uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien alpha Cronbach sebesar 0,881. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai F yang dihitung adalah 12,753 dan sig 0,000 < 0,05, dengan persamaan regresi Y = 52,440 - 0,118X1 + 4,0726X2. Besarnya regresi (R) adalah 0,557. Sementara besarnya pengaruh atau koefisien determinasi dari kepemimpinan sekolah dan komunikasi terhadap kinerja guru agama Buddha (R2) adalah 0,333. Ini berarti bahwa pengaruh kepemimpinan sekolah dan komunikasi terhadap kinerja guru agama Buddha sebesar 33,34%, yang termasuk dalam kategori sedang.

Keywords


kepemimpinan sekolah, komunikasi, dan kinerja guru agama buddha.

Full Text:

127-135 PDF

References


Alwi, S. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE Yogyakarta.

Dessler, G. (2005). Human Resources Management (Tenth Edition). Prentice Hall, Inc. (Diterjemahkan oleh Paramita Rahayu, 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kesepuluh. PT. Indeks).

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia: Pusat Bahasa. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Lockkett, J. (1992). Be The Most Effective Manager in Your Business. Thorsons Publishing Company, Ltd. (Diterjemahkan oleh Rosa Kristiwati, 1993. Manajer Paling Efektif dalam Bisnis Anda. PT. Binarupa Aksara).

Mulyana, D. (2008). Komunikasi Efektif Suatu Pendekatan Lintasbudaya. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep Strategi dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya.

Priastana, J. (2005). Komunikasi dan Dhrarmaduta. Yasodhara Puteri.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Zubaida, I. (2012). Kepemimpinan Transformasional dalam Konteks Organisasi (aplikasi Teori dan Konsep). Dinas Pendidikan Provinsi Banten.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats