Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Buddha Berlandaskan Moralitas (Kajian Kitab Dhammapada)

Sugianto Sugianto

Abstract


Tugas dan tanggung jawab guru pendidikan Buddha hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang memiliki keahlian dalam pendidikan dan agama Buddha. Kisah silo-Vmnsa lataka No. 362, memberikan penegasan bahwa moral lebih berharga daripada kecerdasan. Moralitas adalah dasar pelaksanaan profesi mengajar. Menganalisis nilai-nilai moral dalam Dhammapada dengan penelitian perpustakaan. menjadi dasar bagi guru-guru pendidikan Buddha. Silo (kebajikan) adalah percikan pikiran untuk menghindari tindakan yang tidak baik dan melakukan perbuatan baik. Ucapan yang benar, tindakan yang benar, dan mata pencaharian yang benar dikategorikan dalam silo. Orang tidak akan melakukan sesuatu yang tidak diinginkannya diperlakukan dengan tindakan seperti itu. Dhammapada adalah aspek-aspek Dhamina, terdiri dari empat tingkatan: pengajaran untuk membangun kemakmuran dan kebahagiaan hubungan manusia yang konkret, pengajaran untuk kehidupan saat ini dan masa depan, kerangka teoritis untuk mencapai pembebasan, pernyataan orang-orang yang telah mencapai tingkat kesucian dan menyadari Nibbana. Dhammapada mengajarkan kesederhanaan hidup, kontrol diri, keyakinan, dan semangat agar tidak dikendalikan oleh nafsu, mengendalikan ucapan. Menghindari ucapan palsu, kotor, fitnah, atau omong kosong, mengendalikan emosi, menahan kemarahan dengan cinta.

Keywords


kompetensi pedagogik, guru pendidikan agama buddha, moralitas buddhis,

Full Text:

49-60 PDF

References


Barnawi, & Arifin, M. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bodhi, B. (2010). Khotbah-khotbah Berkelompok Sang Buddha Buku Tiga Khanda-vagga Samyutta Nikaya. Jakarta: Dhammacitta Press.

Buddhaghosa. (2010). The Path of Purification: Visuddhimagga. (Ñanamoli, Trans.). Kandy: Buddhist Publication Society.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Empat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keown, D. (n.d.). Buddhist Ethics: A Very Short Introduction. England: Oxford University Press.

Tanpa nama. (2012). The Dhammapada: The Buddha's Path of Wisdom. Terjemahan oleh Acharya Buddharakkhita. Diakses dari http://www.accesstoinsight.org/tipitaka/an/an08/an08.054.than.html

Tint Penyusun. (2012). Sikivimana-sa-jataka. Diakses dari http://www.samaggi-phala.or.id/tipitaka/silavimansa-jataka-21 Medan: Indonesia Tipitaka Center.

Indonesia. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Walshe, M. (2009). Khotbah-khotbah Panjang Sang Buddha Digha Nikaya. Diterjemahkan oleh Team Giri Manggala Publication Team. Jakarta: Dhammacitta Press.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats