Penguatan Nilai Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Mata Pelajaranpendidikan Agama Buddha Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Jaya Manggala

Krisi Anawati

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi konsep tanggung jawab dalam konteks pendidikan, dengan fokus pada mata pelajaran agama tertentu di sebuah institusi pendidikan. Tujuannya adalah untuk memetakan bagaimana tanggung jawab siswa dimanifestasikan dan dipengaruhi oleh berbagai faktor selama pandemi. Proses penelitian melibatkan tahapan perencanaan, pengumpulan data, analisis, dan penyajian hasil. Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi tanggung jawab siswa, termasuk faktor internal dan eksternal, serta hambatan dan strategi peningkatan. Hasilnya mencakup wawasan tentang peran berbagai pemangku kepentingan dalam membentuk tanggung jawab siswa dan menyoroti inisiatif sekolah dalam mengatasi tantangan ini.


Keywords


tanggung jawab, pendidikan agama buddha.

Full Text:

17-24 PDF

References


Wijaya, D. (2008). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur, 10(7), 84-94.

Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hurlock, E. (1993). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratnasari, N. A. D. (2015). Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung: Alfabeta.

Walshe, M. (2009). Dīgha Nikāya (Khotbah-khotbah Panjang Sang Buddha. Tanpa Kota: DhammaCitta Press.

Wijaya, D. (2014). Pendidikan Anti Korupsi Untuk Sekolah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Indeks.

[http://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional]-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (Tahun). Judul Artikel. Diakses pada tanggal 22 April 2020, dari [(http://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats