Makna Riwayat Hidup Buddha Gotama Bagi Siswa Sekolah Minggu Buddha Di Cetiya Kusala Cetana Tegal Angusmakna Riwayat Hidup Buddha Gotama Bagi Siswa Sekolah Minggu Buddha Di Cetiya Kusala Cetana Tegal Angus

Desya Chandra

Abstract


Penelitian ini membahas masalah penilaian pemahaman siswa terhadap sejarah kehidupan Buddha Gotama dengan tujuan menentukan kedalaman pemahaman mereka. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian melibatkan siswa Sekolah Minggu Buddha dan pengurus di Cetiya Kusala Cetana, dilaksanakan dari Februari hingga Mei 2020. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan uji keabsahan data termasuk kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Analisis mengikuti model Miles dan Huberman, mencakup pengumpulan data, reduksi, tampilan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa di Sekolah Minggu Buddha Cetiya Kusala Cetana Tegal Angus menunjukkan pemahaman yang baik terhadap kisah Kehidupan Buddha Gotama. Pemahaman ini ditunjukkan melalui kemampuan mereka untuk menceritakan bagian-bagian tertentu dari cerita, mengidentifikasi karakter utama, dan merenungkan nilai-nilai yang disajikan dalam naratif. Selain itu, siswa melaporkan mengalami perubahan positif, seperti peningkatan perasaan Mettā, penguatan iman pada Buddha, Dharma, dan Sangha, dan peningkatan keseluruhan dalam kehidupan mereka.

 


Keywords


Pemahaman siswa, sejarah kehidupan Buddha Gotama, perasaan Mettā.

Full Text:

9-16 PDF

References


Anggito, A., & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Fitrah, & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian. Sukabumi: CV Jejak.

Kurnia, A., & Moh Suryana. (2007). Sejarah 2. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Matanasi, P. (2017). Kisah Fransiskus Xaverius, Penyebar Katolisme di Indonesia. [Online] Tersedia di https://tirto.id/kisah-fransiskus-xaverius-penyebar-katolisisme-di-indonesia-cmhd (Diakses 30 April 2019)

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Semiawan, C. (2011). Metode Penelitian Kualitatif jenis, karakteristik, dan keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Suaka Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

BPS Indonesia. (2010). Sensus Penduduk Nasional BPS 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats