Orientasi Baru Pendidikan: Perlunya Reorientasi Posisi Pendidik Dan Peserta Didik

Yuriani Yuriani

Abstract


Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pemberdayaan yang membebaskan individu dari belenggu struktur kekuasaan yang terpusat, yang melanggar hak asasi manusia, yang bertujuan untuk membangun struktur kekuasaan yang hanya menguntungkan sekelompok kecil orang yang kurang beruntung. Oleh karena itu, keinginan untuk terus mempertahankan paradigma pedagogi yang sempit harus dipertimbangkan kembali, dan segera mengubah orientasi menuju pedagogi kritis atau pemberdayaan pedagogi. Pedagogi kritis dirancang untuk mengatasi perbaikan gagasan pedagogi yang kita kenal sebagai paradigma pedagogi yang sempit, yaitu pendidikan pedagogis cenderung melihat isu-isu tersebut sebagai masalah teknis di dalam kelas. Meskipun pendidikan bukan hanya pembelajaran, tetapi pendidikan juga terkait dengan semua aspek kehidupan manusia dalam masyarakat. Pendidikan bukan hanya sekedar membuat peserta didik menghafal, tetapi yang lebih penting adalah menjadikannya sebagai manusia, pendidikan adalah proses humanisasi. Pendidikan adalah proses hominisasi dan humanisasi seseorang dalam kehidupan keluarga, masyarakat beradab saat ini, dan masa depan. Oleh karena itu, bahkan perubahan paradigma ini memiliki implikasi terhadap kebutuhan untuk memposisikan ulang pendidik dan peserta didik dalam proses pendidikan dan pembelajaran.

Keywords


Pedagogik sempit, pedagogik kritis, pedagogi pemberdayaan, reorientasi, peserta didik, pendidik.

Full Text:

1-11 PDF

References


Adiwikarta, S. (1988). Sosiologi Pendidikan: Isyu Hipotesis Tentang Hubungan Pendidikan dengan Masyarakat. Jakarta: Departemen P dan K.

Harefa, A. (2004). Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: Kompas. Nasution, S. (1995). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosyada, D. (2004). Paradignia Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin, RE. (1995). Cooperative Learning: Theory, Research, And Practice. New York: Allen and Bacon.

Smith, WA. (2001). Conscientizacao: Tujuan Pendidikan Paulo Freirc. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Tilaar, HAR. (2000). Paradigma Bang Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

. (2000). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Wiles, J and Joseph Bondi. (1989). Curriculum Development; a Guide to Practice. Colombo, Toronto, London, Melbourne: Merrill Publishing Company.

William F. O'neil. (2002). ldeologi- ideologi Pendidikan. Alih Bahasa: Omi lntan Naomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats