Efektwitas Audio-Lingual Method (Alm) Pada Pengajaran Pelafalan Dhammapada Terjemahan Bahasa Inggris

Urip Widodo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas Metode Audio-Lingual (ALM) dalam mengajar pengucapan terjemahan Dhammapada dalam bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain kelompok kontrol post-test saja. Teknik pengumpulan data menggunakan tes terjemahan Dhammapada dalam bahasa Inggris, sementara analisis data menggunakan one-way anova. Berdasarkan analisis data, diperoleh skor signifikansi sebesar 0.004, yang lebih rendah dari 0.05. Selain itu, nilai F yang diperoleh adalah 10.498 dan nilai F tabel adalah 4.32, karena nilai F yang diperoleh lebih tinggi dari nilai F tabel, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dikatakan bahwa ALM adalah metode yang efektif untuk mengajar pengucapan terjemahan Dhammapada dalam bahasa Inggris.


Keywords


Metode Audio-Lingual, Dhammapada, Pengucapan

References


Airasian.P.W. 1991.Classroom Assessment. USA: McGraw-Hill.

AMEP Research Centre. 2002. Fact Sheet- What is Pronunciation. AMEP Journal, Vol 2, Oktober, 1-8.

Brown, H.D. (2004). Principles of Language Learning and Teaching.London: Longman.

Buddharakkhita, A. 1985.The Dhammapada: The Buddha's Path of Wisdom. Kandy: Buddhist Publication Society.

Fauziati, E. 2014.Methods of Teaching English as A Foreign Language (TEFL): Traditional Method, Designer Method, Communicative Approach, Scientific Approach. Surakarta: Era Pustaka Utama.

Freeman, L. 2000. Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Homby, A.S. 2010.0xford Advanced Learner's Dictionary of Current English. London: Oxford University Press.

Huebener, T. 1999. How to Teach Foreign Language Effectively. New York: New York University Press.

Po.J.G. 2012.The Buddhist Companion. Geylang: Citi Print & Design Pte Ltd. Richards, J., & Rodgers, T. (2001).Approaches and methods in language teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Yuliana, A. 2013.The Application of AudiO-Lingual Method to Improve Students' Speaking Ability in SMA PGRI 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sidoarjo, Vol 1, No 1, April, 88-93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats