Pengaruh Academic Self Concept terhadap Academic Self Management Peserta Didik pada SMA Berciri Buddhis di Tangerang

Mulyana Mulyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh konsep diri akademik terhadap pengelolaan diri akademik pada siswa Sekolah Menengah Keagamaan Buddha di Tangerang. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan metode eks post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 647 siswa dengan 295 sampel yang dipilih dengan metode proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat hubungan antara konsep diri akademik dan pengelolaan diri akademik (R = 0,578 atau 57,8%) dalam kategori sedang; 2) terdapat pengaruh signifikan dari konsep diri akademik terhadap pengelolaan diri akademik sebesar 0,332 atau 33,2%; 3) persamaan regresi linear sederhana adalah Y = 15,180 + 1,007X, yang menunjukkan bahwa peningkatan 1 poin dalam konsep diri akademik akan memberikan peningkatan sebesar 1,007 dalam pengelolaan diri akademik.

Keywords


Academic, Self Concept, And Self Management

Full Text:

191-203 PDF

References


aran, Medine, & Maksan, A. Kadir. (2011). Studi Hubungan antara Konsep Diri Akademik, Beberapa Variabel Terpilih, dan Prestasi Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Internasional Pendidikan, 3(1), h. 1-12.

Collin, Catherine, dkk. (2012). Buku Psikologi. London: Dorling Kindersley Limited.

Dembo, Myron H. (2004). Motivasi dan Strategi Pembelajaran untuk Kesuksesan Kuliah: Pendekatan Pengelolaan Diri. New Jersey: Lawrance Erlbaum Associates.

Ishak, Zahari, & Fin, Low Suet. (2013). Model Awal Konsep Diri: Pengaruh Pengalaman Siswa di Sekolah. British Journal of Arts and Social Sciences, 12(1), h. 191-201.

Liu, Hai-Ju. (2010). Hubungan Konsep Diri Akademik dengan Motivasi Mahasiswa EFL di Universitas. Jurnal Ilmu Humaniora dan Sains Sosial Feng Chia, No. 20, h. 207-225.

Marsh, H.W., & Craven. (2008). Kepentingan Konsep Diri dalam Kesejahteraan Psikologis dan Membuka Potensi Manusia: Implikasi bagi Psikolog Anak dan Pendidikan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 25(5).

Morissan. (2014). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Nagy, Gabriel, dkk. (2010). Pengembangan Konsep Diri Matematika Siswa Terkait dengan Gender: Negara-negara Berbeda, Trajektori Berbeda? Jurnal Penelitian dan Remaja, 20(2), h. 482-506.

Robbins, Stephen P., & M. Coutler. (2007). Manajemen. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Roberts, Yvonne. (2009). Grit: Keterampilan untuk Kesuksesan dan Cara Membangunnya. Britania Raya: The Young Production.

Roesen, Jeffery A. (2010). Keterampilan Nonkognitif di Kelas: Konsep Diri Akademik (Bab 6). RTI International.

Sobur, Alex. (2011). Pengantar Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sule, Ernie T., & Kurniawan Saefullah. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana.

Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Timm, Paul R. (1993). Pengelolaan Diri yang Sukses (Edisi Revisi). Amerika Serikat: Crisp Publications.

Usman, Husaini. (2010). Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, Bimo. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Widodo. (2006). Reliabilitas dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri untuk Mahasiswa Indonesia. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1), h. 1 – 9.

Wright, Angela. (2011). Dampak Lingkungan Belajar terhadap Konsep Diri? London: Newcastle University.

Yorke, L. (2013). Validasi Kuesioner Konsep Diri Akademik dalam Survei Sekolah di Vietnam. Young Lives: Studi Internasional tentang Kemiskinan Anak.

Sumber Online: https://www.kompasiana.com/amipratiwi18/pengaruh-media-sosial-bagi-remaja_5902e5578c7e61e71b2c3016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats