Pembiasaan Meditasi Pada Siswa Sekolah Dasar Berciri Buddhis Di Jakarta Dan Tangerang

Sugianto Sugianto

Abstract


Kebiasaan meditasi merupakan karakteristik dari pendidikan Buddhis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengenalan dan pembiasaan meditasi, teknik dan objek meditasi di sekolah Buddhis dasar. Ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di Jakarta dan Tangerang dari Juli hingga Desember 2017. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Validitas data diuji dengan uji kredibilitas, keterandalan, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: pengenalan meditasi merupakan program yang berasal dari kebijakan yayasan, kepala sekolah, atau guru agama Buddhis; praktik meditasi dilakukan secara teratur setiap hari atau setiap minggu; guru agama Buddhis menjadi panduan langsung; praktik meditasi dilakukan di kelas, cetiya, ruang kelas Dhamma, aula, atau halaman sekolah; siswa berkonsentrasi pada objek meditasi atau mendengarkan kalimat-kalimat positif; durasi meditasi berkisar antara 3 - 15 menit sesuai dengan tingkat kelas dan tujuan meditasi. Guru menggunakan panduan meditasi audio, alat musik, lonceng, gambar slide. Objek meditasi adalah pernapasan, kasih sayang, dan kontemplasi.


Keywords


Pengenalan meditasi, pembiasaan meditasi, pendidikan Buddhis, siswa sekolah dasar Buddhis.

Full Text:

PDF

References


Buddhaghosa. Tidak Tahun. Visuddhimagga: Jalan Kesucian. Diterjemahkan dari Bahasa Pali oleh Nanamoli. Sri Lanka: Buddhist Publication Society.

Burns, Douglas M. 1994. Meditasi Buddhis dan Psikologi Kedalaman. Sumber online: http://www.accesstoinsight.org/lib/authors/burns/whee1088.html diakses pada tanggal 7 Maret 2017.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lay, U Ko. 2000. Panduan Tipitaka. Diterjemahkan oleh Lanny Anggawati dan Wena Cintiawati. Klaten: Vihara Bodhivamsa.

Nanamoli. 2001. Khuddakapatha: Kitab Suci Agama Buddha, Seri 1, 2, dan 3. Judul Ash The Mirror Readings (Khuddakapatha), Diterjemahkan oleh Lanny Anggawati dan Wena Cintiawati. Klaten: Vihara Bodhivamsa.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Shaw, Sarah. 2006. Meditasi Buddhis: Sebuah Antologi Teks. New York: Routledge Critical Studies in Buddhism.

Story, Francis. 1995. Meditasi Buddhis. Sumber online: http://www.accesstoinsight.org/lib/authors/story/b1015.html diakses pada tanggal 24 Agustus 2017.

Davids, T. W. Rhys dan William Stede. 2009. Kamus Pali-Inggris. The Pali Text Society's.

Khuddakapatha: Khp 1-9 Manggala Sutta. Diterjemahkan dari Bahasa Pali oleh Thanissaro. http://www.accesstoinsight.org/tipitaka/kn/khp/khp.1-9.than.html#khp-5

Vijja-bhagiya Sutta: Berbagi Pengetahuan yang Jelas, diterjemahkan dari Bahasa Pali oleh Thanissaro. 1998. Sumber online: http://www.accesstoinsight.org/tipitaka/an/an02/an02.030.than.html diakses pada tanggal 24 Agustus 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats