Peran Etika Buddha Dalam Menjaga Sistem Kehidupan Perumah Tangga Dalam Kajian Fungsionalisme Struktural

Sapardi Sapardi

Abstract


Sila merupakan dasar utama dalam pelaksanaan ajaran agama Buddha. Sila mencakup semua perilaku dan sifat baik yang termasuk dalam ajaran moral dan etika agama Buddha. Pancasila Buddhis yang diajarkan Buddha kepada siswa-siswa-Nya dalam hal ini yang disebut sebagai upasaka dan upasika adalah suatu sikkhapada (peraturan-pelatihan). Pembahasan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskriptifkan Etika Sebagai Pedoman Hidup Perumah Tangga dan Peran Etika Dalam menjaga Sistem Struktur Sosial. Dalam teorinya, Parson mengandaikan bahwa struktur fungsi akan berperan apabila fungsi dari bagiannya masing-masing bekerja dengan baik. Bila salah satu fungsi terganggu, maka akan mempengaruhi operasional tindakan yang lain. Parson mengandaikan bahwa struktur dan fungsi bagaikan tubuh badan jasmanai yang tidak dapat terpisahkan, yang terdiri atas berbagai struktur yang memiliki fungsi dan menjalankan fungsinya masing-masing dengan baik. Sturktur dan fungsi dari anggota badan berjalan dengan baik, maka dalam fisik atau badan manusia tidak terdapat masalah. Namun jika terdapat satu saja bagian tubuh mengalami gangguan maka akan mengganggu bagian yang lain. secara keseluruhan dan yang paling mendasar juga dapat ditemukan pada lima latihan moral (pañcasīla buddhis). Etika yang terkandung dalam lima latihan moral ini utamanya mengarah pada perbaikan diri pribadi seseorang. Lima disiplin moral ini menjadi sebuah pilihan atau kepatuhan umat Buddha perumah tangga dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kebahagiaan, baik dalam kehidupan berumah tangga maupun bersama-sama di masyarakat. Etika berperan untuk menjaga sistem stuktur sosial dalam kehidupan perumah tangga. Hal ini sejalan dengan pemikiran Parsons. Asumsinya bahwa setiap anggota keluarga memiliki fungsi masing-masing dan bekerja sesuai dengan fungsinya sebagai sebuah sistem.


Keywords


Etika Sebagai Pedoman Hidup Perumah Tangga, Peran Etika Dalam menjaga Sistem Struktur Sosial

References


Aggabalo, Bhikkhu. 2007. Dhammapada Atthakatha. Jakarta: Perpustakaan Narada.

Boddhi. Bhikkhu. 1995. The Middle Length Discourse of the Buddha, A Translation of the Majjhima Nikaya.. Boston: Wisdom Publications. Copyright 2005. Tipitaka Tematik Sabda-sabda dalam Kitab Suci Pali. Diterjemahkan Hendra Widjaya. Ehipassiko Foundation.

Tipitaka Tematik Sabda Buddha dalam Kitab Suci Pali. Jakarta: Ehipassiko Foundation.

Bram, Ajahn.2009. Hidup Senang Mati Tenang. Jakarta: Ehipassiko Collection. Bungin. Burhan 2006. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Dhammadhiro, Bhikkhu. 2005. Paritta Suci: Kumpulan Pali Wacana untuk Upacara dan Puja. Jakarta: Sangha Theravada Indonesia.

Dhammananda, Kirinde Sri. 2005. Keyakinan Umat Buddha. Jakarta:Yayasan Penerbit Karaniya

Dighajanu (Vyagghapajja) Sutta: Conditions of Welfare" (AN 8.54), Translated from the Pali by Narada Thera. Access to Insight (BCBS Edition), 30 November. http://www.accesstoinsight.org/tipitaka/an/an08/annara.html.2013,

Dhiraseno dalam tulisannya yang berjudul " Agama Buddha dan Ekonomi" dalam http://dhiraseno. blogspot.co.id/2013/11/i.html, Jataka, sumber https://samaggi-phala.or.id/naskah-dhamma/isi-kitab-jataka. Jutanago (ed.). 1985. Kitab Suci Dhammapada. Jakarta: Yayasan Dhammadipa Arama.

Filsafat Bahasa Semiotika dan Hermeneutika. Yogyakarta: Paradigma. Kalupahana, David. J. 1995. Ethics in Early Buddhism. University of Hawaii Press.

Lay. U. Ko. 2000. Guide To Tipitaka (Panduan Tipitaka Kitab Suci Agama Buddha.) alih bahasa Lanny Anggawati dan Wena Cintiawati, Klaten: Vihara Bodhiwamsa.

Magnis, Frans -Suseno. 1987. Etika dasar: Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.

Palmer, Richard E., 1969, Hermeneutics: Interpretation Theory in Schleiermacher, Dilthey, Heidegger, and Gadamer, Evanston, Ill: Northwestern University Priastana, Jo. 2000. Buddha Dharma Kontekstual. Jakarta: Yayasan Yasodhara Press. Putri. 2004.

Buddha Dharma dan Seksualitas. Jakarta: Yayasan Yasodhara Putri.2005. Be Buddhist Be Happy. (Bahagia Bersama Triratna Buddha-Dhamma-Sangha). Bekasi: Penerbit Yasodhara Putri.2016. Filsafat Buddha. Jakarta: Penerbit Yasodhara Putri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats