Peran Mahasiswa STABN Sriwijaya Dalam Upaya Bela Negara

Setia Darma

Abstract


Upaya Mahasiswa Pertahanan Negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data berupa pendapat para mahasiswa dalam upaya untuk membela negara, gagasan para pemikir yang dikumpulkan dari kuesioner, dan hasil dari berbagai sumber dalam literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan peran mahasiswa Perguruan Tinggi Buddha Negeri Sriwijaya dalam upaya mewujudkan pertahanan negara seperti berperilaku baik, menjaga lingkungan dan seni budaya, menunjukkan sikap peduli dan berdedikasi kepada masyarakat dan negara, mengikuti upacara bendera, belajar seni tradisional, menyanyikan lagu kebangsaan, berbicara dalam bahasa Indonesia, mengenakan batik, hidup atau bekerja bersama, menggunakan produk Indonesia, mengadakan kegiatan seni daerah dan mempromosikannya, memberikan prioritas pada diskusi dan konsensus dalam pengambilan keputusan. Peran Pemerintah diperlukan, terutama dalam hal peningkatan infrastruktur, institusi, dan kebutuhan masyarakat sebagai upaya untuk mempertahankan dan melestarikan cinta tanah air dan negara, kemudian peran Pemerintah dalam menyediakan fasilitas, distribusi, dan administrasi peluncuran perdagangan, memberikan apresiasi terhadap seni dan budaya, melakukan kegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), serta di masyarakat secara lebih luas untuk memberikan prioritas dan meningkatkan penggunaan bahasa Indonesia dengan baik, benar, dan juga melestarikan budaya nasional.

    

Keywords


Peran Mahasiswa, Upaya, Bela Negara

Full Text:

77-84 PDF

References


Soetami, A. Siti. (1995). Pengantar Tata Hukum Indonesia. Bandung: Refika.

Daeng Sudirwo. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan pada Perguruan Tinggi. Bandung: Randu Alas.

Dwi Winamo. (2006). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Imam Suprayogo, Tobari. (2003). Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Rosda.

Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas). (1993). Kewiraan untuk Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tim Penyusun. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tim Penyusun. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas kerjasama dengan Gramedia Pustaka Utama.

Kounter, Ronny. (2005). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta R&D. Bandung: Alfabeta.

Waluyo. (2010). Laporan Penelitian Paralelisme Spiritualitas Jawa dan Buddhis dalam Implementasi Etika Lingkungan. Tangerang: STABN Sriwijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats