Pelanggaran Kesantunan Berbahasa Maiiasiswa Pada Dosen Dalam Wacana Komunikasi Whatsapp Di Stab Negeri Sriwijaya Tangerang

Suntoro Suntoro

Abstract


Kemudahan berkomunikasi melalui jejaring sosial WhatsApp menyebabkan terjadinya banyak pelanggaran. kesantunan berbahasa, termasuk juga dalam dunia akademik. Penelitian iru mencoba mengkaji pelanggaran kesantunan berbahasa mahasiswa pada dosen dalam wacana komunikasi WhatsApp. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan pragmatik. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara dokumentasi dan wawancara dengan model analisis heuristik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terjadi pelanggaran kesantunan berbahasa mahasiswa pada dosen dalam wacana komunikasi WhatsApp pada prinsip kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, kecocokan, dan kesimpatian; (2) secara umum pelanggaran tersebut disebabkan oleh faktor kemampuan berbahasa, kemampuan memahami konteks, dan kedekatan. Oleh karena itu, mahasiswa dan dosen hendaknya dapat menggunakan bahasa yang santun dan sesuai dengan situasi tuturnya.

Keywords


kesantunan berbahasa, pelanggaran kesantunan, komunikasi WhatsApp

References


Adriana, Iswah. 2014. Analisis Bahasa SMS Mahasiswa STAIN Pamekasan Terhadap Dosen Menurt Prinsip Kesantunan Leech. Jurnal Nuansa, Vol. 11 Nomor 1 Januari - Juni 2014, hlm. 53-76.

Al Amin. 2015. SMS Kurang Ajar Mahasiswa Bikin Kita Senyum-Senyum. (online) diakses dari https://www.merdeka.com/peristiwa/sms-kurang-ajar-mahasiswa-ke-dosen-bikin-kita-senyum-senyum.html pada Februari 2018.

Brown dan Levinson. 2010. Kesantuan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta. Karimah, K. E., dan Uud Wahyudin. 2010. Filsafat dan Etika Komunikasi: Aspek Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis dalam Memandang Ilmu Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran.

Leech, Geoffrey. Principle of Pragmatics. Terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Oka. 2015. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press. Markhamah, dkk. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2011.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahardi, Kusnjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Romdlon, Nur. 2016. 12 Percakapan Dosen dengan Mahasiswa Ini BikinKetawaTerbahak-Bahak. (online)diakses https://www.brilio.net/ngakak/12-percakapan-dosen-dengan- mahasiswa-ini-bikin-ketawa-terbahak-bahak-160514t.html. Februari 2018.

Toriq, Ahmad. 2017. Alasan UI Bikin Etika Kontak Dosen Via WA: Supaya Mahasiswa Sopan. Diakses dari (online) https://news.detik.com/berita/d-3673415/alasan-ui-bikin-etika-kontak- dosen-via-wa-supaya-mahasiswa-sopan pada 16 Februari 2018.

Wijaya, Willy Yandi. 2010. Ucapan Benar. Yogyakarta: Insight Vidyasena

Wiryotinoyo, Mujiyono. 2006. Analisis Pragmatik dalam Penelitian Penggunaan Bahasa. Jurnal Bahasa dan Seni, Tahun 34 Nomor 2, hlm. 153.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats