"Wahana Negara Raharja" Benarkah Sebagai Bentuk Csr Lembaga Keagamaan Buddha?

Situ Asih

Abstract


Organisasi keagamaan Buddhis, atau lebih dikenal sebagai komite keagamaan Buddhis, dalam praktiknya belum maksimal dalam menjalankan program CSR baik kepada anggota keagamaan maupun terhadap lingkungan dan bangsa. Jurnal ini bertujuan untuk menjelaskan salah satu acara keagamaan yang diselenggarakan oleh Komite Niciren Syoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI), yaitu Wahana Negara Raharja (WNR), yang diadakan setiap tahun dengan lokasi yang berbeda setiap tahunnya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa acara Wahana Negara Raharja memberikan dampak positif kepada anggota Buddhis MNSBDI dan masyarakat umum di tempat diadakannya WNR. Kegiatan yang terbentuk dalam acara WNR didominasi oleh tindakan atau kegiatan sosial seperti: longmarch lingkungan, reformasi ikrar pernikahan, dan talk show dengan tokoh penting di Indonesia. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Wahana Negara Raharja sebagai acara keagamaan merupakan bentuk CSR dalam organisasi keagamaan Buddhis. 

  

Keywords


Wahana Negara Raharja (WNR), Corporate Social Responsibility (CSR), Organisasi Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Adiati, Maria Pia. 2012. Program Corporate Social Responsibility Di Industri Hotel: Sebuah Keuntungan Atau Kerugian Bagi Hotel? Binus Business Review, Vol. 3, No. 1, Mei 2012, Halaman 502-512.

AntaraKepri. Sabtu, 07 Oktober 2017. Menteri Agama Lukman Hakim Saifiuldin Memberikan Apresiasi kepada Umat Buddha yang Berkontribusi dalam Pembangunan Bangsa dan Kesatuan Indonesia.

Buttericic, Keith. 2012. Pengantar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Press.

Ilacqua, Christoper. 2008. Dampak Corporate Social Responsibility pada Harga Saham: Studi Kuantitatif pada Industri Bioteknologi di AS, University of Phoenix.

KepriDays.com. Jumat, 06 Oktober 2017. Menag Apresiasi Umat Buddha dalam NKRI.

Koran Sindo: Edisi 07 Oktober 2017. Kerukunan Beragama di Kepri Terjaga Baik.

Mukti, Krishnanda Wijaya. 2003. Wacana Buddha Dharma. Jakarta: Yayasan Dharma Pembangunan.

Mulyana, Deddy. 2000. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Putra, Anggara Satria. 2015. "Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas Perusahaan." Jurnal Nominal, Volume IV, Nomor 2, tahun 2015.

Rashid, S.M. 1997. Lila dan Vinaya. Jakarta: Penerbit Buddhais Bodhi.

Tanjungpinangpos.id: Edisi 7 Oktober 2017. Menteri Agama Lukman Hakim dan Gubernur Memuji Kerukunan Beragama di Kepri.

Sugiyanto, Eviatiwi Kusumaninglyas. 2015. "Analisis Manfaat Pelaksanaan CSR Bagi Perusahaan." Majalah Ibnfah Sotusi, Vol. 14, No. 4, Oktober 2015, ISSN: 1412.S1131.

Suwamo. 1990. Buddha Dharma Mahayana. Jakarta: Majelis Agama Buddha Mahayana Indonesia.

Titaley, John. 2013. Religiositas di Tiga Aksara: Pluralisme, Nasionalisme, dan Transformasi Agama-Agama. Salatiga: SWCU Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats