Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Keterampilan Berbicara Menggunakan Pembelajaran Think Talk Write (Itw) Di Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten

Lalita Vistari S.W.D.

Abstract


"Learning Think Talk Write (TIW) adalah salah satu studi menarik yang belum pernah penulis lakukan dalam Research Action Class (RAC), terutama dalam meningkatkan hasil belajar bahasa siswa di Sekolah Tinggi Agama Buddha Sriwijaya, Tangerang, Banten, dalam keterampilan berbicara dengan menggunakan Think Talk Write 071/40. Metode penelitian ini adalah Research Action Class (RAC) menggunakan metode Kemmis dan Taggart (1992), yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa STABN Sriwijaya Tangemng Banten jurusan Dharmacarya semester III dalam mata kuliah English II dengan jumlah 72 mahasiswa. Teknik analisis data dilakukan pada tiga kelompok data, yaitu hasil belajar siswa, rekan sejawat, observasi, dan catatan peneliti lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran dan interaksi, TTW di kelompok intensif ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai perolehan siswa setelah dilakukan perbaikan pembelajaran sebanyak dua siklus, dengan nilai perolehan minimum sebanyak 2 orang dan nilai maksimum sebanyak 6 94 orang, dengan rata-rata penilaian yang menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa, mulai dari rata-rata nilai pada siklus pertama sebesar 52,65, rata-rata nilai pada siklus kedua sebesar 87,75, dan sebanyak 72 siswa dari total seluruh siswa menyatakan kepuasan dalam belajar Think Talk Write (77W). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran dan interaksi di kelompok intensif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar Think Talk Write (71W) pada keterampilan berbicara di Sekolah Tinggi Agama Buddha Sriwijaya, Tangerang, Banten.

Keywords


Think Talk Write (77W), Research Action Class (RAC), dan Interaksi"

Full Text:

PDF

References


Arikunto, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Carr, W. & Kemmis, Stephen. 1992. Menjadi Kritis: Pendidikan, Pengetahuan, dan Penelitian Tindakan. Geelong, Victoria, Australia: Deakin University.

Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jaedun, Amat. 2008. Prinsip-Prinsip Penelitian Tindakan. Makalah Pelatihan PTK Bagi Guru di Provinsi DIY. Lembaga Penelitian UNY.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2005. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kemmis, S., dan McTaggart, R. 1992. The Action Research Planner. Geelong, Victoria, Deakin University Press.

Newmark, Peter. 1988. Buku Teks Penerjemahan. New York: Prentice Hall.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruzz Media.

Sugandi, Achmad, dkk. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Wahyu Ningsih dan Lenni. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang. (Abstrak). Konfiks: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2009. Model Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Rosda Karya.

. 2009. Model Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats