Pengembangan Strategi Pendidikan Anak Usia Dini: Model Pembelajaran Sentra Untuk Mengembangun Multi Kecerdasan (Multiple Intelligences)

Yuriani Yuriani

Abstract


Kecerdasan pada manusia tidaklah tunggal seperti selama ini yang dipahami oleh benyak orang. Manusia mempunyai multi kecerdasan (multiple Intelligence) yang terkait dengan fungsi otak yang akan menentukan kualitas kecerdasan seseorang. Optimalisasi kecerdasan dimungkinkan bila sejak usia dini, anak telah mendapatkan stimutasi yangt tepat untuk perkembangan otaknya.

Anak usia dini merupakan mahkluk unik yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda, maka intervensi yang diberikan oleh orang dewasapun hams berbeda pula sesuai dengan laju dan kecepatan belajar anak sesuai dengan masa pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu menumbuhkembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh anak. Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan berbagai macam sentra/area yang berbeda untuk menstimulasi berbagai aspek kecerdasan pada anak.

Makalah ini menggunakan metode kajian pustaka. Kasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa sentra yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran dan mengacu pada multiple intelligence pada anak usia dint yaitu: a) sentra bahan alam, b) sentra sent, c) serum bermaln pecan sesungguhnya (macro play), d) sentra bermain pecan micro play, e) sentra &AA, I) sentra persiapan, dan g) sentra agama.


Full Text:

75-86 PDF

References


Armstrong, Thomas. Multiple Intelligences in the Classroom, Second Edition. Virginia: ASCD, 2000.

Buletin PAUD (Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini) Edisi Perdana, Tantangan yang Harus Dijawab. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pendidikan Kesetaraan, Direktorat PAUD, 2002.

Dryden, Gordon & Jeannette Vos. The Learning Revolution. USA: Torrance. C. A., 1999.

Gardner, Howard. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: Basic Books, 1993.

Coleman, Daniel. Emotional Intelligence (Terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999.

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak (Terjemahan). Jakarta: Erlangga, 1993.

Langeveld, M. J. Beknopte Theoretische Pedagogiek. Terj. I. P. Simanjuntak. Jakarta: Nasco, 1978.

Marro, Yusufhadi. Pendidikan Alternatif: Sebuah Agenda Reformasi. Naskah Kajian Balitbang Dikbud. Jakarta, 20 November 1998.

Napitupulu, W. P. Universitas yang Kudamba. Jakarta: Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, 2001.

Naskah Akademik Kurikulum Program D2 PCTIC, Tim Pengembang DIKT1- DEPDIKNAS, 2002.

Naskah Akademik Kurikulum Program D2 PCTK. Jakarta: Tim Pengembang Dikti, Depdiknas, 2002.

Rancangan Naskah Akademik PGTK. Jakarta: Depdiknas, Tim Pengembang Kurikulum D2 Paud, 2002.

Ratrawati, Sintha (Ed.). Keluarga, Kunci Sukses Anak: Kumpulan Artikel Kompas. Jakarta: Penerbit Kompas, 2000.

Samples, Bob. Revolusi Belajar Untuk Anak. Bandung: Kaifa, 1999.

Santoso, A. M. Right Brain for Kids. Jakarta: Gramedia Pustaka Manus, 2001.

Yuriani. Pengembangan Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Model Pembelajaran Sentra Untuk Mengembangkan Multi Kecerdasan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats