Pengaruh Pengalaman Mengajar terhadap Kompetensi Kepribadian Guru

Tri Amiro

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pengalaman mengajar terhadap kompetensi kepribadian guru. Sebagai pendidik, guru memiliki tugas mengajar utama di mana sifat-sifat kepribadian merupakan faktor yang sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman mengajar terhadap kompetensi kepribadian guru tidak signifikan, yaitu sebesar 1.56.

Keywords


pengalaman mengajar, kompetensi kepribadian

Full Text:

77-86 PDF

References


ervone, Daniel & Pervin, Lawrence A. 2011. Kepribadian: Teori dan Penelitian, Edisi 10. Diterjemahkan oleh Alya Tusyan, Evelyn Ridha Manulu, dkk. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Pusat Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Friedman, Howard. & Schustack, Miriam W. 2006. Kepribadian: Teori Klasik dan Modern. Diterjemahkan oleh Benedictine Widyasinta. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nyanaponika Thera dan Bhikkhu Bodhi. 1999. Petikan Anguttara Nikaya: Numerical Discourses of Buddha. Diterjemahkan oleh Cintiawati, Wena dan Anggawati, Lanny. Klaten: Vihara Bodhivamsa.

Rahmat, Abdul. 2009. Super Teacher. Bandung: MOS Publishing.

Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, Moh. Uzer. 2010. Menjadi Guru Profesional, Edisi Kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Walshe, Maurice. 2009. Kotbah-kotbah Panjang Sang Buddha Digha Nikaya: Terjemahan The Long Discourses of the Buddha. Diterjemahkan oleh Tim Giri Mangala Publication. Jakarta: Dhammacitta Press.

Waluyo. 2010. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Layanan STABN Sriwijaya Tahun 2010. Penelitian tidak diterbitkan. Tangerang: Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats