Pentingnya Kompetensi Sosial Bagi Dosen

Muawanah Muawanah

Abstract


Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang hams dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh dosen dalam melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran/pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dimilikinya kompetensi sosial bagi dosen adalah supaya mampu membangun kerja sarna yang baik dan stabil baik dengan dosen lainnya, tenaga kependidikan, mahasiswa, maupun masyarakat untuk menunjartg pendidikan. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah studi kepustakaan. Pam dosen dengan berbagai kompetensi sosial yang dimilikinya, hares mentransformasikan berbagai kompetensi tersebut kepada para mahasiswa sehingga mereka mampu meraih sukses dalam dunia profesi dan kehidupan sosial di masa depan. Pembelajaran kompetensi sosial bisa disisipkan dalam dua mats kuliah, yakni Pendidikan Agana dan Pendidikan Kewarganegaraan. Pembinaan kompetensi sosial mahasiswa merupakan tanggung jawab seluruh dosen. Untuk itu, transformasi kompetensi sosial bisa dilakukan dalam berbagai cara, apakah pengelolaan suasana kelas, strategi pembelajaran, atau bahkan melalui kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


Full Text:

15-28 PDF

References


Boucher, Michelle Dawn. 2012. Pendidikan Kompetensi Sosial untuk Calon Guru. California State University: Sacramento.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Knapzyk, Dennis dan Paul Rodes. 2001. Mengajar Kompetensi Sosial, Keterampilan Sosial, dan Keberhasilan Akademik. Terbitan Sumber Ajar: Verona.

Han, Heejeong Sophia dan Kristen Mary Kemple. Komponen Kompetensi Sosial dan Strategi Dukungan: Pertimbangan Apa yang Harus Diajarkan dan Bagaimana. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 34, No. 3, Desember 2006.

Lynch, Sharon A., dan Cynthia G. Simpson. Keterampilan Sosial: Mendasari Keberhasilan, Dimensi Anak Usia Dini. Musim Semi/Musim Panas 2010, Volume 38, Nomor 2.

Ostrosky, Michaelene M., dan Hedda Meadan. 2010. Membantu Anak-Anak Bermain dan Belajar Bersama. Dicetak ulang dari Young Children.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 49 tahun 2014, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

Peraturan Pemerintah Nomor 37 tahun 2009, Tentang Dosen.

Rosyada, Dede. 2013. Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Keterlibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.

Tim Redaksi. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kedua.

Waters, Everett. 1983. Kompetensi Sosial sebagai Konstruksi Perkembangan (dipublikasikan kembali). Tinjauan Perkembangan: Universitas Negara Bagian New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats