Membangun Daya Nalar Dalam Penullsan Artikel Ilmiah Joatia Manollan

Mulyana Mulyana

Abstract


Kegiatan pengembangan, penyusunan, dan pemanfaatan ilmu pengetahuan sangat menentukan kualitas perguruan tinggi sebagai suatu lembaga ilmiah, yang pada akhirnya akan menentukan kualitas lulusannya. Jurnal ilmiah merupakan sarana yang efektif untuk mempublikasikan artikel ilmiah kepada kalangan yang lebih luas. Agar jurnal ilmiah dapat diterima kalangan nasional maupun internasional, maka aspirasi, wawasan, dan gaya selingkung harus mengacu pada mandat nasional maupun internasional. Artikel yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal ilmiah, selain ditulis dengan cara ilmiah yang benar, juga harus mengikuti pedoman yang dipersyaratkan oleh jurnal ilmiah yang dituju. Agar artikel yang akan dikirimkan sesuai kriteria dan diterima jurnal, setidaknya harus memenuhi tiga unsur, yaitu kesesuaian bidang ilmu, tata bahasa yang baku, serta gaya khusus (gaya selingkung) yang dipersyaratkan oleh jurnal di mana artikel akan dikirim.

   Regenerate  

Keywords


Daya Nalar, Artikel

Full Text:

PDF

References


Huda, N. (2003). Kebijakan Pengelolaan dan Penerbitan Jurnal dan Berkala. Dalam A. Saukah (Ed.), Menerbitkan Jurnal Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 1999. Tujuan Pendidikan Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

ISI ResearchSoft. (2001). EndNote for Windows Version 5: The All-In-One Solution. ISI ResearchSoft, Berkeley, California.

Zulkarnaen. (2012). Menghindari Perangkap Plagiarisme dalam Menghasilkan Karya Tulis Ilmiah. Makalah. Jambi: Universitas Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats