Pemahaman Hukum Kamma Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Sila Generasi Muda Buddhis

Tri Amiro

Abstract


Penelitian ini dimotivasi oleh masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat yang berkaitan dengan tindakan kriminal yang melanggar Lima Sila. Peneliti mengidentifikasi masalah-masalah pelanggaran, antara lain: pandangan beberapa orang yang berpikir bahwa tidak ada kehidupan setelah kehidupan ini, tidak ada hukum kanun yang berlaku, kurangnya pemahaman umat Buddha terhadap ajaran Buddha yang berkaitan dengan hukum kanun yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pelaksanaan Sila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemahaman tentang nilai-nilai dalam kanun bertindak sebagai motivator dalam mengubah perilaku pelaksanaan prinsip-prinsip dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan pelaksanaan prinsip-prinsip tersebut dapat diupayakan melalui sejumlah cara, termasuk dengan melaksanakan puja, dana, berlatih meditasi, dan menerapkan Pancasila. Kehidupan makhluk di masa depan ditentukan oleh sikap, perilaku, dan tindakan yang dilakukan di masa lalu dan saat ini. Oleh karena itu, penting untuk menanamkan nilai-nilai moral pada generasi umat Buddha sebagai generasi berikutnya yang akan menjaga dan melestarikan ajaran Sang Buddha di alam semesta ini.

Keywords


kamma, sila

Full Text:

99-109 PDF

References


Dhammapada, Sri. (2003). Keyakinan Lintas Buddhajakarta. Yayasan Penerbit Karaniya.

Juergensmeyer, Mark. (2012). Encyclopedia of Global Religion. Santa Barbara, California: SAGE Publication.

Nyanaponika Thera dan Bhikkhu Bodhi. (1999). Numerical Discourses of the Buddha: An Anthology from the Anguttara Nikaya. Sri Lanka: Buddhist Publication Society. Diterjemahkan oleh Cintiawati, Wena, dan Anggawati. (2004). Petikat Anguttara Nikaya. Klaten: Vihara Bodhivamsa.

Sayadaw, Mingun. (2008). The Great Chronicle of Buddhas. Diterjemahkan oleh Indra Anggara. Riwayat Agung Para Buddha. Jakarta: Ehipassiko Foundation.

Virana. (2006). Ensiklopedia Keyakinan Untuk Buddha. Jakarta: Yayasan Penerbit Karaniya.

Wahono, Mulyadi. (1995). Pokok-Pokok Dasar Agama Buddha. Jakarta: Yayasan Dana Pendidikan Buddhis Nalanda.

Walshe, Maurice. (2009). The Long Discourses of the Buddha: A Translation of the Digha Nikaya. Diterjemahkan oleh Team Giri Mangala Publication. Jakarta: Dhammacitta Press.

Wowor, Cornelis. (2013). Hukum Kamma Buddhis. Jakarta: CV Nitra Kencana Bana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats