Pengaruh Persepsi Tentang Peluang Karir Dan Religiusitas Siswa Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Agama

Sugianto Sugianto

Abstract


Penelitian ini mengenai minat mahasiswa Buddha dari sekolah menengah dan sekolah kejuruan untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Buddha. Banyak mahasiswa Buddha dari Sekolah Menengah di Tangerang, tetapi minat mereka untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Buddha rendah. Rumusan masalahnya adalah: bagaimana pengaruh persepsi mahasiswa tentang peluang karir dan religiositas terhadap minat untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Buddha? Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh persepsi mahasiswa tentang peluang karir dan religiositas terhadap minat untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Buddha. Ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan eks post facto. Penelitian dilakukan dari Agustus hingga November 2014. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Buddha dari SMA Dharma Putra, Sekolah Kejuruan Perguruan Budhi, Sekolah Kejuruan Atisa Dipanikara, yang dipilih dengan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: Ada pengaruh antara persepsi mahasiswa tentang peluang karir dan religiositas terhadap minat untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Buddha; Tidak ada pengaruh antara persepsi mahasiswa tentang peluang karir terhadap minat untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Buddha jika religiositas dikontrol; Ada pengaruh antara religiositas terhadap minat untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Buddha jika persepsi mahasiswa tentang peluang karir dikontrol. Besarnya pengaruh persepsi mahasiswa dan religiositas secara bersama-sama terhadap minat untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Buddha adalah sebesar 25,1 persen.

Keywords


Persepsi Peluang Karir, Religiositas, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Buddha

Full Text:

71-84 PDF

References


Ancok, D. & Suroso, F. N. (2005). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, Suharsimi. (2003). Manajemen Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Basuki, Sulistiyo. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatarna Widya Sastra.

Bungin, Burhan. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Permata Media Group.

Djaali. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Flippo, Edwin B. (1980). Personel Management. Mc. Gram Hill. Tokyo: Kogakusha.

Hilton, Perry Roy dan Charlotte Brownlow. (2004). SPSS Explained. East Sussex: Routledge.

Marliyah, Una, dkk. (2004). Persepsi terhadap Dukungan Orangtua dan Pembuatan Keputusan Karir Remaja. Jurnal Privitae Volume 1, No. 1. Jakarta: Universitas Tarumanegara dan Buku Obor.

Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya untuk Meningkatkan Pendidikan Agama di Sekolah. Bandung: PT Mahasiswa Rosdakarya.

Nurhayati, Eti. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soedomo, Hadi. (2008). Pendidikan (Suatu Pengantar). Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Sudargono, Agus, Muh. Husyain Rifai, dan Mulyono. (2011). Analisis Minat Siswa Kelas XII SMA Melanjutkan Studi ke Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Tahun 2010 (Studi Penelitian SMA di Sukoharjo). Sukoharjo: LPPM Univet Bantara Sukoharjo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardiyanto. (2001). Pendidikan Religiusitas. Yogyakarta: Kanisius.

Sunaryo. (2002). Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Surya, Mohammad. (2007). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bath.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Walgito, Bimo. (2003). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Zulkifli L. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats