Nilai-Nilai Pendidikan Jataka Silavimamsana Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Kelas II Sekolah Dasar Dharma Putra

Bayu Adi Karsono

Abstract


Masalah-masalah yang ada dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya penerapan nilai pendidikan dalam pembelajaran Jiitaka Sikwinuatisana agama Buddha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan nilai pendidikan yang terkandung dalam pembelajaran Pendidikan Maim Silavinintasana Buddha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek dan cakupan penelitian ini adalah penerapan nilai pendidikan Wahl Silavimanisana dalam pembelajaran Pendidikan Buddha di kelas II SD Dharma Putm. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non-tes, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa panduan yang didukung oleh peneliti untuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis Milks dan Haberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, presentasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Jdtaka Silavimarnsana berperan bagi guru dan siswa, guru dalam mengajar dapat menjadi lebih bijak terhadap siswa. Sedangkan siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan dapat mengendalikan perilaku mereka. Guru menginternalisasi nilai pembelajaran melalui contoh dan menjadi teladan bagi siswa sehingga termotivasi untuk melakukannya. Kendala dalam internalisasi nilai-nilai tersebut berasal dari dalam diri siswa, keluarga, dan lingkungan. Penulis menyarankan agar guru pendidikan agama Buddha menggunakan nilai-nilai lainnya sebagai pedoman dalam internalisasi nilai-nilai kepada siswa, orangtua dapat mendidik anak-anak agar mampu mempraktikkan konten yang diperoleh saat di sekolah, dan siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


pendidikan nilai, jritaka sihrvinumssana, pendidikan buddha

Full Text:

27-33 PDF

References


Bodhi Bhikkhu. (2010). Kotbah-Kotbah Berkelompok Sang Buddha - Buku I, Sagathavagga. Jakarta: Dhammacitta.

Kaharudin Pandit J. (2004). Kamus Untuk Buddha Dhamma. Jakarta: Td Sattva Buddhist Center.

The Connected Discourses Of The Buddha: Samyutta Nikaya, Vols I. (2000). Terj. Oxford: Pall Text Society.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penerjemah Kitab Suci Agama Buddha. (2002). Anguttara Nikaya II. Klaten: Vihara Bodhivamsa dan Wisma Dhammaguna.

Walshe, Maurice. (2009). Kotbah-Kotbah Panjang Sang Buddha: Terjemahan Digha Nikaya. Diterjemahkan oleh Tim Giri Manggala Publication. Jakarta: Dhammacitta Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats