Pengaruh Konsep Diri Dan Persepsi Siswa Tentang Peran Guru Terhadap Sikap Disiplin Siswa

Boby Wicaksono, Sugianto Sugianto, Muawanah Muawanah

Abstract


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah belum diketahuinya pengaruh konsep diri dan persepsi peran guru terhadap sikap disiplin siswa kelas XI dan XII SMA Dharma Putra Tangerang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan persepsi siswa terhadap peran guru terhadap sikap disiplin siswa kelas XI dan XII SMA Dharma Putra Tangerang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain ex post facto. Teknik pengambilan sampel atau subjek yang digunakan adalah stratified cluster random sampling. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMA Dharma Putra yang berjumlah 137. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul sebelum dianalisis dengan menggunakan regresi berganda harus memenuhi beberapa uji prasyarat antara lain uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi. Berdasarkan hasil uji prasyarat diperoleh kesimpulan bahwa data telah memenuhi syarat sehingga analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan SPSS versi 20.0 for windows versi evaluasi terdapat pengaruh konsep diri dan persepsi siswa terhadap peran guru terhadap sikap disiplin siswa kelas XI dan XII SMA Dharma Putra Tangerang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha. dengan Fhitung sebesar 98,063 dan nilai probabilitas signifikansi 98,063 sebesar 0,000. Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh adalah Y= 1,515+0,390X1+0,612X2. Sumbangan yang diberikan variabel konsep diri dan persepsi siswa terhadap peran guru terhadap kedisiplinan siswa adalah sebesar 58,4%. Hasil analisis regresi parsial adalah: (1) terdapat pengaruh konsep diri terhadap kedisiplinan siswa jika variabel persepsi siswa tentang peran guru dikontrol dengan thitung sebesar 4,569 dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000; (2) ada pengaruh persepsi siswa terhadap peran guru terhadap sikap disiplin siswa jika variabel konsep diri dikontrol dengan thitung sebesar 9,903 dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000.

Keywords


konsep diri, persepsi siswa terhadap peran guru, sikap disiplin siswa

Full Text:

64-75 PDF

References


Amalia Indah Safitri, Irawan Suntoro & YuniscaNurmalisa. (2017). “Pengaruh Konsep Diri Dan Peranan Guru Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Perintis 2 Bandar Lampung.” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Darwianis & M. Nursi. (2020). Pengaruh Konsep Diri, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Orangtua Terhadap Disiplin Siswa SMP Negeri di Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jurnal PPKn & Hukum. Vol. 15. No.1.

Digha, Nikaya. (2009). The Long Discourses of The Buddha A Translation of The Digha Nikaya. Maurice Walshe. Diterjemahkan oleh Team Giri Mangala Publication & Team Dhamma Citta Press: Dhamma Citta Press.

Heryana, A. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan Masyarakat. (online), (https://www.academia.edu/43329283/Buku_Ajar_Metodologi_Penelitian_pada_Kesehatan_Masyarakat_Edisi_revisi_2020, diakses 15 Oktober 2020).

Republika.co.id. (2020). “PJJ Punya Dampak Bagi Orang Tua Dan Anak, Begini Menurut Psikolog”. (Online), (https://www.ayobogor.com/read/2020/08/13/8157/pjj-punya-dampak-bagi-orang-tua-dan-anak-begini-menurut-psikolog. Diakses 10 September 2020).

Reski, Niko & Taufik & Ifdil. (2017). Konsep Diri dan Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal Educatio. Volume 2 Nomor 2. Padang: Universitas Negeri Padang.

Rozikoh, S.Pd. 2020. “Tingkat Kedisiplinan Siswa Melalui Sanksi Pada Jam Pertama” . (Online), (https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/04/12/tingkatkan-kedisiplinan-siswa-melalui-sanksi-pada-jam-pertama/. Diakses 10 September 2020).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Zaqiatul, Fadillah Syam. (2020). Peranan Guru Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplanan Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pinang Jaya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung TP 2020/2021. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats