Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Digha Nikaya Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Agama Buddha

Pramudita Mei Nata, Rini Setiani, Sherlly Dhammayanti

Abstract


Pendidikan karakter merupakan salah satu hal penting bagi mahasiswa calon guru pendidikan agama Buddha karena kedepannya mereka yang akan menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter yang termuat dalam pembelajaran Digha Nikaya pada mahasiswa calon guru pendidikan agama Buddha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk subjek penelitiannya yaitu 3 (tiga) orang mahasiswa Prodi Pendidikan Keagamaan Buddha semester lima STABN Sriwijaya, yang merupakan calon guru Pendidikan Agama Buddha. Dari data yang didapat, data diolah dengan teknik analisis data. Dalam penelitian ini, data primer diperoleh peneliti dari hasil wawancara mendalam dengan informan kunci yaitu3 (tiga) Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Agama Buddha. Di mana data primer merupakan data penelitian yang diperoleh secara langsung dari sumber asli atau tidak melalui perantara, data primer secara khusus dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian, data primer diperoleh dengan melakukan observasi, wawancaradan dokumentasi dengan informan berkaitan dengan judul penelitian mengenai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Agama Buddha. Dari analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu pendidikan karakter yang didapat oleh mahasiswa calon guru pendidikan agama Budhha dalam pembelajaran Digha Nikaya diantaranya pendidikan karakter diantaranya berupa sikap bertanggung jawab, kedisiplinan, berkerja keras, bersikap santun, peduli, menerapkan kejujuran, memiliki cinta kasih dan tentunya bijaksana. Dari hal ini peneliti menjadi tahu bahwa pendidikan karakter sangatlah penting, oleh sebab itu hendaknya pendidikan karakter dapat diterapkan dimana saja khususnya dalam dunia pendidikan untuk menciptakan generasi bangsa yang lebih baik.

Full Text:

15-26 PDF

References


Afandi, riki. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Pedagogia, 1(1) : 85-98.

Ahmad, Moh Julkarnain, Halim Adrian, Muh. Arif. (2021). Pentingnya Menciptakan Pendidikan Karakter Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendais, 3(1) : 1-24.

BP, Abd Rahman, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-unsur Pendidikan. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1) : 1-8.

Cahyani, Karina dan Dinie Anggraeni Dewi. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Agar Menciptakan Siswa Yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2) : 268-281.

Darma, Yudi, Utin Dessy Susianty dan Dona Fitruawan. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal SAP, 3(2), 110-115

Digha Nikaya – The Long Discourses of the Buddha. Diterjemahkan oleh Tim Publikasi Giri Manggala dan Tim DhammaCitta Press. DhammaCitta, 2009

Fajri, Nurul dan Mirsal. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. At-tarbiyah Al-mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1): 220.

Halidu Salma, Polan M. Dehi, Abdul Rahmat, Mira Mirnawati. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA 217, 04 (030) : 217-224.

Maunah, Binti. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter. 1 : 93.

Nurhayati, Tati. (2018). Optimalisasi Karakter Positif Calon Guru MI Melalui Lesson Plan Berbasis ARCS pada Mahasiswa Micro Teaching PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 11-24

Nurkholis. (2016). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1) : 24-44.

Rusadi, Muhamad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Jurnal staiddimakassar, 2(1), 1-13.

Sahroni, Dapip. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1) : 115-124.

Suartini, Sri. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Dalam Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1), 220-234

Suryanti, Sudarmi, dan Afnila Fitradini Har. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Kepribadian Dosen Program Studi Pendidikan Biologi Fkip-Uir Pekanbaru. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 11 (1) : 12-22.

SP, Jenny Indrastoeti. (2016). Penanaman Nilai-nilai Karakter Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan: Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. 284-292.

Towaf, Siti Malikhah Towa. (2014). Pendidikan Karakter Pada Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1):75-85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats