ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AGAMA BUDDHA DI TINGKAT SMP

Mirrah Megha Singamurti

Abstract


Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran pendidikan agama Buddha menggunakan kurikulum 2013 di SMP Negeri 1 Jumo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Jumo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji melalui teknik triangulasi, dengan mempertimbangkan derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa perencanaan pembelajaran sudah terencana dengan baik, dibantu dengan forum MGMP dan dibantu oleh pihak sekolah melalui kegiatan workshop yang membantu perencaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013 sudah berjalan dua tahun dan akan terus berlanjut, pelaksanaan sudah menggunakan pendekatan saintifik dengan menggabungkan bidang lain dan mengedepankan keaktifan siswa, evaluasi pembelajaran sudah menerapkan sesuai dengan kurikulum 2013 di mana alat evaluasi menerapkan pendekatan saintifik meskipun belum berjalan secara optimal.


Keywords


Studi Kasus, Analisis Kurikulum, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Buddha, Tingkat SMP

Full Text:

(51-64)PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan (SNP). Jakarta: Depdiknas. Kemendikbud. (2013). Pedoman Pelatihan implementasi Kurikulum 2013. Buku I. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa.

Kyriacou, C. (2012). Effective Teaching: Theory and Practice. Bandung: Nusa Media

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

PISA Indonesia. (2013). What Students Know and Can Do Student Performance in Mathematics, reading and Science. [Online]. Tersedia: www. Oecd.org/pisa/keyfindings/PISA-2012-result-snapshot-VolumeI ENG.pdf. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats