PENDIDIKAN TOLERANSI DARI PRANATA KELUARGA MENUJU KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Bambang Afriadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan fakta objektif anak mengenal perbedaan di masa perkembangangya hingga tahap perkembangan berikutnya di masyarakat. Metode penulisan artikel ini adalah menggunakan data primer dan skunder yang berkaitan dengan topik ini. Data penunjang yang penulis lakukan dari hasil angket survei nasional kerukunan umat beragama di Indonesia tahun 2017, di daerah Jakarta Kecamatan Johar Baru Kelurahan Johar Baru dan Kecamatan Kemayoran Kelurahan Kemayoran sebagai data primer penelian ini. Dalam pembahasan ini yang mendasar adalah kumpulan laporan mengenai pembahasn yang relevan hubungannya dengan masalah yang dibahas sebagai data skunder. Hasil pembahasan
menunjukan bertoleransi yaitu bersedia untuk memahami sudut pandang lain. Ini juga berarti mempelajari realitas yang berbeda dari realitas. Sedangkan data angket menunjukan bahwa tingkat toleransi di antara kedua kecamatan dalam posisi yang relatif baik. Hasil angket ini menunjukan bahwa hidup bersama adalah hakikat itu sendiri. Jawaban hasil penelitian ini
juga menunjukan, bahwa sejak dini anak telah dibiasakan untuk hidup dan bermain atau bersosialisasi dengan keberagaman.


Keywords


Masa Perkembangan Anak, Toleransi, Hidup Bermasyarakat

Full Text:

(77-86)PDF

References


Abdullah, T. & A.C Leeden Der Van. (1986). Durkheim Dan Pengantar Sosiologi Moralitas Edisi Pertama. Jakarta: Yayasan Obor.

Andriani, D., et.al. (2003). Cakrawala Pendidikan 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Damsar. (2012). Pengantar Sosiologi Pendidikan Cetakan Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Dokumen SDN Belendung Tengah I

Durkheim, E. (Alih Bahasa Lukas Ginting). (1990). Pendidikan Moral (Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan). Jakarta: Erlangga.

Friedrich, S. (2007). Religious Individualization: New Challenges to Education for Tolerance. British Journal of Religious Education, 29(1): 89–100.

Hallinan T, M. Handbook Of The Sociology Of Education. Director, Center for Research On Educational Opportunity: Institute For Educational Initiatives University Of Notre Dame.

Hernawan Herry Asep, dkk. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hidayat, R. (2014). Sosiologi Pendidikan Emile Durkheim. Jakarta: Rajawali Pers.

Hurlock, E.B. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Maike, Gieling, Thijs Jochem, & Verkuyten Maykel. (2010). Tolerance of

Practices by Muslim Actors: An Integrative Social-Developmental Perspective. Child Development, 81(5): 1384–1399.

Niclas, Berggren, & Nilsson Therese. (2015). Globalization and The Transmission of Social Values: The Case. Journal of Comparative Economics: 371–389. "https://www.self-esteem.or.jp/selfesteem/" https://www.self-esteem.or.jp/ selfesteem/ (diakses 5/6/2019).

"https://cocoiro.me/article/16649" l "i" https://cocoiro.me/article/16649#i (diakses 5/6/2019).

"http://www.keisen.ac.jp/dictionary/2009/12/post-20.html"http://www.keisen.ac.jp/dictionary/2009/12/post-20.html (diakses5/6/2019)."https://www.babypark.jp/education/01_02.html"https://www.babypark. jp/education/01_02.html (diakses 5/7/2019).

"http://www.mext.go.jp/b_menu/shingi/chukyo/chukyo0/toushin/attach/1346330.htm"

http://www.mext.go.jp/b_menu/shingi/chukyo/chukyo0/toushin/attach/1346330.htm (diakses5/7/2019).

"https://happylifestyle.com/751" https://happylifestyle.com/751 (diakses 5/7/2019).

"https://youaremom.com/education/teaching-tolerance-children/" https://youaremom.com/education/teaching-tolerance-children/ (diakses 5/7/2019).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats