Kreativitas Guru Pendidikan Agama Buddha Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Di Sekolah

Kunarso Kunarso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan agama Buddha dalam penggunaan media pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Obyek penelitian yaitu kreativitas guru pendidikan agama Buddha, sedangkan subyek dalam penelitian adalah guru pendidikan agama Buddha. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah-sekolah yang menyelenggarakan pendidikan agama Buddha di kecamatan Gunung Wungkal. Waktu penelitian dimulai dari bulan April hingga Agustus 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan pengamatan. Uji keabsahan atau validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar antara lain adalah membuat video pembelajaran secara sederhana lalu diunggah pada laman youtube, memanfaatkan website sekolah dan aplikasi whatsapp dalam mengirimkan materi dan soal. Selain itu, sebagian besar guru PAB menganggap bahwa seorang guru harus memiliki sikap kreatif dalam mengajar agar para siswa mudah memahami materi yang diajarkan, akan tetapi dalam pembelajaran daring mereka merasa kesulitan karena terbatasnya media yang digunakan apalagi kelas kecil yang belum memahami teknologi seperti penggunaan HP dan internet. Meski demikian, sebagian guru memutuskan untuk mengajar langsung tatap muka di rumah-rumah siswa ataupun guru dengan pertimbangan jumlah siswa yang beragama Buddha sangat terbatas, sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Hal inipun dilakukan atas persetujuan orang tua siswa.

Keywords


kreativitas; media; pembelajaran; pendidikan; agama; buddha

Full Text:

PDF 16-26

References


Ardyanto, Fakhriyan. (2021). “Kreativitas adalah Kemampuan Menciptakan Ide Baru yang Dimiliki Seseorang”. https://hot.liputan6.com/read/4450321/kreativitas-adalah-kemampuan-menciptakan-ide-baru-yang-dimiliki-seseorang. Diakses pada tanggal 10 Februari 2021 pukul 15.00 WIB

________________. Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan Vol. 2 (hal.227). Purwokerto: IAIN Purwokerto

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Bachri, Bachtiar S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf. Diakses pada tanggal 15 April 2021 Pukul 12.20 WIB

Bungin, Burhan. (2009). Penelitian Kualitatif. Kencana Prenada Media Grup: Jakarta

https://news.detik.com/kolom/d-5063269/merawat-semangat-belajar-daring

https://www.liputan6.com/health/read/4431723/semangat-belajar-anak-menurun-selama-pandemi-covid-19-ini-penyebabnya

Mahmun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam Vol. 37 (Hal. 27). UIN Suska: Riau

Mujidin. (2005). Pembentukan Pribadi Kreatif Yang Berakhlakul Karimah Untuk Menghadapi Perubahan Masyarakat Yang Fluktuatif. file:C:/Users/HP/Downloads/322-349-1-PB.pdf. Diakses pada tanggal 15 Maret pukul 13.00 WIB

Oktiani, Ifni. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan Vol. 2 (hal.226). Purwokerto: IAIN Purwokerto

Ramli, Muhammad. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. IAIN Antasari Press: Banjarmasin

Riadi, Muchlisin. (2020). Kreativitas (Pengertian, Dimensi, Aspek, Tahapan dan Faktor yang Mempengaruhi). https://www.kajianpustaka.com/2020/07/ kreativitas.html. Diakses pada tanggal15 April 2021 pukul 14.30 WIB

Safri, Hendra (2015). “Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Berbasis Pelatihan”. Jurnal Muamalah Vol V No 2 (hal. 161). file:///C:/Users/HP/Downloads/689-1492-1-SM.pdf. Diakses pada tanggal 10 Maret 2021 pukul 13.00 WIB

Salim dan Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media: Bandung

Saripudin, Asep. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran ABK.http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196505161994021ASEP_SARIPUDIN/Pengembangan_Media_Pembelajaran_ABK.pdf. Diakses pada tanggal 15 April 2021 pukul 12.00 WIB

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Rajawali Pers: Depok

Sundari,Tjutju.http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195602141980032TJUTJU_SOENDARI/Power_Point_Perkuliahan/Metode_PPKKh/Penelitian__Deskriptif.ppt_[Compatibility_Mode].pdf. Diakses pada tanggal 15 April 2021 pukul 15,00 WIB

Wanto, Alfi Haris. (2017). Strategi Pemerintah Kota Malang Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City. Jurnal Of Public Sector Innovations vol. 2, NO 1. Universitas Negeri Surabaya




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v8i1.554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

https://kpabangalore.com/

https://disdiksumsel.com/

https://jennifer-campbell.com/

EMAS787

EMAS787

situs toto toto slot toto slot situs togelbandar togel online

POSKOBET/

POSKOBET/

POSKOBET/

POSKOBET/

POSKOBET/

SUNDA787/

SUNDA787/

SUNDA787/

SUNDA787/

SUNDA787/

slot gacor toto

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET