Pengaruh Penghargaan (Reward) Tefthadap Minat Belajar Pendidikan Agama Buddha Kelas Viii Di Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya Tangerang

Puji Metasari

Abstract


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dalam pembelajaran Pendidikan Buddha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian hadiah terhadap minat dalam pembelajaran Pendidikan Buddha di kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan eks post facto (pengukuran setelah kejadian). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya yang berjumlah sekitar 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes non-tes dengan hadiah dan minat dalam pembelajaran sebagai instrumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian hadiah terhadap minat dalam pembelajaran Pendidikan Buddha di kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya di Kota Tangerang sebesar 24,6%. Persamaan regresi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Y = 36.570 + 0.462 X. Pengaruh tersebut terjadi dalam arah yang sama, yang berarti bahwa setiap peningkatan hadiah akan diikuti oleh peningkatan minat dalam pembelajaran Pendidikan di kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya, sebaliknya, penurunan hadiah akan diikuti oleh penurunan minat dalam pembelajaran Pendidikan di kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya. Berdasarkan penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa untuk mengembangkan minat belajar siswa di kelas delapan Sekolah Menengah Pertama Dharma Widya dapat dicapai dengan memberikan hadiah.

Keywords


hadiah, minat dalam pembelajaran, pendidikan Buddha

Full Text:

65-69 PDF

References


Ar'ifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Buddhagosa. (2007). Dhammapada Atthakatha. Terjemahan oleh Bhikkhu Agabbalo. Jakarta: Perpustakaan Narada.

Djali. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kazhim, Muhamad Nabil. (2011). Sukses Mendidik Anak. Solo: Pustaka Arafah.

Purwanto, Ngalim. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.69835/vjp.v2i1.320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://montes.da.upm.es/

situsaka4d.com

situsneko77.com

slot gacor

slot gacor online

login dewaslot88

link alternatif rr777

Strategi Free Spin Mahjong Ways

slot demo pg

INDEX BY:

https://etsam.da.upm.es/

slot gacor resmi

View My Stats

Vijjacariya: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Buddhis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

POSKOBET

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

POSKOBET

Bos88

slot scatter hitam

Luxury777

situs slot gacor

slot

situs toto

Batman138

Luxury111

toto slot

Luxury777

Luxury138

Slot Gacor

toto slot

toto togel

toto slot

toto slot

toto slot

toto slot

slot777

situs toto

ceri123

slot gacor situs toto toto slotjuara228 situs toto toto slot

situs slot gacor

toto slot

situs toto agentotoplay batmantoto batmantoto birototo

slot gacor

ISTANA62

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://se.net.ua/

4d

COLOKTOTO

birototo

coloktoto

batmantoto

coloktoto

coloktoto

TOTOMANTAP

TOTOMANTAP

IMPERIALTOTO

TOTOMANTAP

IMPERIALTOTO

birototo

toto slot

situs toto

toto slot

situs togel

demo slot

link gacor

msislot

borneo303

situs togel

situs togel

BIROTOTO

COLOKTOTO

laetoto

gacor66

BATMANTOTO

BRI303

SURYA898

toto slot

toto slot

toto slot

BANDAR SLOT

SLOT88

BRI303

https://csdmm.da.upm.es/

BRI303

BRI303