Makna Kata Namo A Mi Thuo Fo

Nyoto Nyoto

Abstract


Buddha Dharma dajarkan oleh Hyang Buddha dan kemudian berkembang dan dikenal manusia diseluruh penjuruh dunia. Setelah Buddha Parinirvana ajaran Buddha mulai pecah dan muncul berbagai aliran dalam agama Buddha. Mahayana berkembang dengan berlandaskan Buddha Dhamma tetapi berkembang mengikuti budaya setempat dan salah satu aliran yang berkembang dalam aliran Mahayana Adalah aliran Sukhavati. Tujuan pelaksanaan penelitan ini adalah untuk mengetahu pemaknaan umat Buddha Vihara Hua Zang Buddhist Learning Center Jakarta ketika mengucapkan Kata Namo A Mi Thuo Fo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Agar data yang diperoleh memuaskan maka penulis melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi agar data yang didapatkan akurat.Dari penelitian yang dilaksanakan diketahui ada beberapa tujuan umat Buddha melafalkan kata tersebut diantaranya mendapatkan berkah, agar terhidar dari karma buruk, dan pelaksanaan meditasi, demikian juga yang dilaksanakan oleh umat Vihara Hua Zang Buddhist Learning Center Jakarta

Keywords


Mahayana, Makna kata, Buddha Amithaba

Full Text:

PDF

References


Chodron, Venerable Thubten. 2017. Connecting with Amitabha Buddha. https://thubtenchodron.org/2017/12/pure-land-practice/. (Diakses pada Selasa, 28 Januai 2019)

Dutavira. 1993. Perjalanan Kematian. Jakarta: Lembaga Penerbit Pustaka Suci Mahayana.

Eracle, J. 1973. La Doctrine Bouddhique De La Terre Pure. Paris: Dervy-Livres.

Jing, Shen. 2018. Pure Land Chan DISCOURSES OF CHAN MASTERS ON PURE LAND PRACTICE. http://www.amtb.org.tw/pdf/HZ50-25-01.pdf Master Wuling. 2010. Going Home To The PureLand. Pure Land College Press. (Diakses pada Selasa, 30 Januai 2019)

Shenlun. 1992. Amitabha Buddha. http://www.shenlun.org/more/menu_ download/artikel _amitabha.pdf. (Diakses pada Selasa, 29 Januai 2019)

Sulan dan Nyoman Suria Darma. 2017. Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Tan, Chee Beng. 2011. Agama Cina di Malaysia: Satu Pandangan Umum. Malaysia: 11800 Pulau Pinang.

Tim Penyusun. 2016. 佛說觀無量壽佛經, Amitayur Dhyana Sutra, Sutra Meditasi terhadap Buddha Amitayus yang disabdakan Buddha Sakyamuni.http://www.mediafire.com/file/0dqp6zc9r119ugh/Amitayur+Dhyana+Sutra.docx. (Diakses pada Selasa, 29 Januai 2019)

T., Suwarto. 1995. Buddha Dharma Mahayana. Jakarta: Majelis Agama Buddha Mahayana Indonesia.

Williams, Paul. 2009. Mahayana Buddhism The Doctrinal Foundations. New York: Routledge.

Wuling, Shi. 2006. In One Lifetime: Pure Land Buddhism. Chicago: Amitabha Publications. http://www.amitabha-gallery.org/pdf/plc/InOneLifetime PureLandBudhism.pdf. (Diakses pada Selasa, 30 Januai 2019)

Yun, Master Hsing. 2015. Starting A Daily Practice. Fo Guang Shan International Translation Center (Translated by Robert Smitheram, Ph.D.) http://www.fgsitc.org/wp-content/uploads/2015/05/Booklet-D7.pdf? Venerable. (Diakses pada Selasa, 30 Januai 2019)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Sati Sampajanna journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.