Evaluation of Sriwijaya State Buddhist College Students’ TOEFL Preparation Program

Lalita Vistari Satyananda Wiryana Dharma

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian mengenai evaluasi program persiapan TOEFL
mahasiswa STABN Sriwijaya. Evaluasi ini dilakukan dalam proses kegiatan belajar mengajar selama
enam bulan atau setara dengan 23 jam, dengan mata kuliah Bahasa Inggris III yang notabene
merupakan mata kuliah mengenai persiapan TOEFL bagi mahasiswa STABN Sriwijaya. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengevaluasi program persiapan TOEFL mahasiswa STABN Sriwijaya selama
satu semester, berfokus pada pemberian materi pembelajaran, dan nilai TOEFL yang diperoleh.
Program persiapan TOEFL ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan Bahasa
Inggris mahasiswa STABN Sriwijaya menggunakan TOEFL prediction test. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) secara keseluruhan TOEFL preparation test telah
dilaksanakan dengan hasil bervariasi. Hasil pembelajaran TOEFL preparation test selama satu
semester (14 pertemuan x 100 menit = 1400 menit, atau setara dengan 23 jam) menghasilkan
peningkatan rata-rata nilai pretest TOEFL dan posttest TOEFL; (2) skor TOEFL prediction test ini
hanyalah sebagai prediksi mahasiswa dalam melakukan TOEFL, tidak bisa dijadikan sebagai
jaminan bahwa nilai mahasiswa akan sama dengan skor TOEFL aslinya; (3) kelas persiapan TOEFL
preparation ini perlu diadakan lagi, dan ditambah intensitas waktunya agar hasil skor TOEFL
mahasiswa lebih maksimal. Saran bagi penelitian ini adalah: (1) perlunya pembelajaran yang intensif
bagi kelas tes persiapan TOEFL, (2) motivasi mahasiswa perlu ditingkatkan agar skor TOEFL
mahasiswa meningkat, terutama dengan menambah kosa kata, pengetahuan grammar atau structure,
listening, dan reading comprehension, (3) sosialisasi pentingnya skor TOEFL yang tinggi bagi
mahasiswa untuk berbagai keperluan, seperti persyaratan untuk melamar beasiswa di luar negeri dan
prasyarat untuk studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, (4) mahasiswa perlu dimotivasi untuk
mengikuti kursus atau UKM Bahasa Inggris agar keterampilan berkomunikasi menggunakan Bahasa
Inggris lebih terasah dan lebih mahir dalam berbahasa Inggris, sehingga dapat bersaing secara
kompetitif di dunia kerja.


Keywords


Evaluasi, Program Persiapan TOEFL, TOEFL Prediction Test

Full Text:

65-72 PDF

References


Brown Douglas. 2004. Language Assessment-Principle and Classroom Practice. San Fransisco

State University.

Brown Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Kedutaan Besar

Amerika Serikat di Jakarta.

Ellis, Rod. 1994. The Study of Second Language Aquisition. Oxford: Oxford University Press.

Sharpe, Pamela J. 1997. Barron‟s: How to Prepare for The TOEFL Test. Jakarta: Bina Rupa

Aksara.

Suryabrata, Sumadi. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

https://www.ef.co.id/epi/

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20191010092848-92-438288/indeks-dayasaing-

indonesia-anjlok-lima-peringkat-ke-level-50


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Sati Sampajanna journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.