Faktor Menurunnya Minat Pemuda Buddhis dalam Berorganisasi di Kota Bengkulu (Studi Kasus Organisasi Sekber PMVBI Bengkulu)

Metta Karuna Firdaus, Edi Ramawijaya Putra, Jatayu Jiwanda DL

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya penurunan minat serta keaktifan pemuda Buddhis dalam mengikuti kegiatan wihara serta organisasi dalam kurun waktu tiga periode kepengurusan organisasi Sekber PMVBI Bengkulu. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi penurunan minat pemuda Buddhis dalam berorganisasi di kota Bengkulu, kesulitan apa saja yang dihadapi pemuda Buddhis di kota Bengkulu dalam mengikuti kegiatan Vihara Buddhayana terutama organisasi Sekber PMVBI Bengkulu, serta upaya pa yang dapat dilakukan untuk mengatasi penurunan minat pemuda Buddhis dalam berorganisasi di kota Bengkulu.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan studi kasus menekankan pada aspek seperti latar dan karakteristik individu secara menyeluruh, hasil dari penelitian difokuskan dan ditekankan guna memberi gambaran yang detail tentang keadaan sebenarnya dari objek studi yang akan diteliti. Penelitian dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan, studi dokumen berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, dan melakukan interview (wawancara) dengan melakukan pendekatan terhadap informan. Hasil penelitian menunjukan adanya faktor yang berasal dari internal perorangan maupun organisasi dan faktor eksternal perorangan maupun organisasi. Faktor internal perorangan berkaitan dengan keinginan atau minat pemuda, pemuda terjebak pada zona nyaman, rasa kurang percaya diri. Faktor yang timbul dari dalam organisasi meliputi: kurangnya rasa solidaritas, pengaruh pemimpin dalam suatu organisasi. Faktor eksternal dalam diri seseorang meliputi: usia, pekerjaan, serta Pendidikan dan faktor dari luar organisasi wihara meliputi lingkungan sosial, pandemi covid-19, serta jumlah SDM yang minim merupakan faktor dari luar organisasi yang berpengaruh terhadap penurunan atau keaktifan pemuda Vihara Buddhayana.


Keywords


minat dan motivasi; sdm (sumber daya manusia); solidaritas pemuda; pandemi; keaktifan; pendidikan; pekerjaan; pertemanan.

Full Text:

PDF 9-17

References


Abdul, S. (1992). Sosiologi Skematika, Teori, Dan Terapan. Bandar Lampung: Medio.

Bodhi. (2000). The Connected Discourses of the Buddha Vol. I (Saṃyutta Nikāya). Oxford: The Pali Text Society.

Budio, S. (2018). Komunikasi Organisasi: Konsep Dasar Organisasi. Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Cholily, Y. M., Putri, W. T., & Kusgiarohmah, P. A. (2019, June). Pembelajaran di era revolusi industri 4.0. In Seminar & Conference Proceedings of UMT.

Deswita, A. P. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X di SMKN 1 Sawahlunto. Journal of Economic and Economic Education Vol, 2(1),, 1-10.

Dharma Prabha (No 18). (1992). Yogyakarta, Indonesia: GMCBP

Effendhie, M. (2011). Pengantar Organisasi. Organiasi Tata Laksana dan Lembaga Kearsipan. 1-90.

Gibson, J. L. (1986). Organisasi dan Manajemen . Jakarta: Erlangga

Hasibuan, Malayu S.P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Hapnita, W. (2018). Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang tahun 2016/2017. Cived, 5(1).

Hastjarjo, D. (2005). Sekilas tentang kesadaran (consciousness). Buletin Psikologi, 13(2).

Hastuti, N. L. (2016). Studi Komparasi Motivasi Belajar Biologi antara Siswa Kelompok Peminatan dan Kelompok Lintas Minat di SMA Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. SKRIPSI

Herlambang, R. F. (2019). Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) (Studi Deskriptif Di Kelompok Wanita Tani “DAHLIA” Dusun Pasir Peuteuy, Desa Pewindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis). (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Khoirudin, B. (2019). Organisasi Keagamaan Dan Interaksi Sosial Masyarakat Islam Di Desa Pancasila Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Lampung: Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kusnandar, V. B. (2021). Mayoritas Penduduk Bengkulu Beragama Islam pada Juni 2021. Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/

Mertayasa, G. M. (2020). Pemuda “Potensi, Masalah, Peran, dan Harapan untuk Bangsa”. Diambil kembali dari https://kesrasetda.bulelengkab.go.id/ informasi/detail/artikel/pemuda-potensi-masalah-peran-dan-harapanuntuk-bangsa-25.

Muhaiyat, B. (2018). Upaya pembinaan dan pelatihan gelandangan dan pengemis oleh dinas sosial dan pemakaman Kota Pekanbaru (Studi kasus di Kota Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Mushlihin, Z. (2019). Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Kampus UIN Antasari Banjarmasin Studi Kasus Anggaran Tahun 2017.

Ramadhana, A. (2017). Implementasi kesadaran kolektif masyarakat terhadap kebersihan lingkungan (tinjauan program MTR Makassar Ta'Tidak Rantasa di kelurahan Kassi-kassi kecamatan Rappocini kota Makassar). (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Rohida, L. (2018). Pengaruh era revolusi industri 4.0 terhadap kompetensi sumber daya manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114-136.

Setyaningrum, D. F. (2017). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2013 Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sukarno, S. (2019). Prinsip Misionaris Agama Buddha. ResearchGate.

Suparno, S., & Budimansyah, D. (2016). PERAN NILAI-NILAI RELIGIUS KERAJAAN SINTANG DALAM MEMBINA KARAKTER GENERASI MUDA. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(1), 24- 42.

Surya, M. (2013). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi . Bandung: ALFABETA.

Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952-962.

Tampubolon, P. (2018). Pengorganisasian Dan Kepemimpinan Kajian Terhadap Fungsi-Fungsi Manajemen Organisasi Dalam Upaya Untuk Mencapai Tujuan Organisasi. Jurnal Stindo Profesional, 4, 23-25.

Yusak, M. (2016). Keterampilan Manejerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multi Kasus di MTs Plus Raden Paku dan SMP Islam Terpadu Nurul Fikri Trenggalek). Institut Agama Islam Negeri (IAIN)

Yuwanto, R. O. (2020). Penurunan Partisipasi Pemuda Desa Grendeng Dalam Karang Taruna. Prosiding, 9(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

 

View My Stats

Jurnal Pelita Dharma (JPD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.