Peran Meditasi Buddhis Center Pa Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage Beji dalam Pelestarian Ajaran Agama Buddha di Desa Wonoharjo, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah

Dhidit Taruna Putra, Sugianto Sugianto, Saputro Edi Hartono

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah pentingnya pelestarian ajaran agama Buddha di desa Wonoharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Meditasi Center Pa Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage Beji dalam pelestarian ajaran agama Buddha di desa Wonoharjo. 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data teknik non-tes, yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi disertai dengan pedoman wawancara di Pa Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage Beji pada Desember 2021 sampai Mei 2022. Objek penelitian ini terdiri dari guru meditasi, pengurus, peserta meditasi, dan umat sekitar. Teknik keabsahan data penelitian dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pa Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage Beji memberikan peranan aktif dengan pelaksanaan program seperti retret meditasi, dhammatalk, pelatihan meditasi online maupun offline, Dhammayatra, Pindapatta, webinar tentang meditasi dan program lainnya yang bertujuan untuk pelestarian ajaran agama Buddha. Melalui program yang dilaksanakan masyarakat dapat meningkatkan Saddha (keyakinan) terhadap Buddha Dhamma dan menyadari tentang pentingnya melaksanakan meditasi. Pembangunan Pa Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage Beji yang menjadi salah satu pusat untuk belajar meditasi dan Buddha Dhamma memberikan dampak terhadap pelestarian ajaran agama Buddha. Dampak jangka panjang dari hal tersebut juga agama Buddha akan terus lestari hingga ke generasi mendatang.

Dari hasil penelitian ini saran ditujukan kepada pengurus Pa Tawya Vipassana Dhura Hermitage Beji dapat menambahkan jadwal meditasi dalam bentuk cetak dan menambahkan buku yang berkaitan dengan Buddha Dhamma, umat sekitar dapat memanfaatkan pusat meditasi untuk berlatih meditasi, penyuluh dapat dijadikan bahan penyampaian kepada masyarakat, STABN Sriwijaya dapat dijadikan bahan pengajaran, dan lembaga pemerintahan dapat dijadikan wawasan atau pedoman dalam membuat program untuk masyarakat umum mengenai manfaat dari melaksanakan meditasi.

Keywords


peran, meditasi center, pelestarian ajaran agama Buddha

Full Text:

Pdf 36-44

References


Duryat, Madsuki., Abdurohim, Siha., & Permana, Aji. 2021. Mengasah Jiwa Kepemimpinan: Peran Organisasi Kemahasiswaan. Indramayu: Penerbit Adab.

Falakhi, Muchamad Naufal. 2021. Kenali Mengenai Meditasi dan Manfaatnya. Sumber online: http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/681-kenali-mengenai-meditasi-dan-manfaatnya. (Diakses pada tanggal 16 Maret 2022).

Ibnu. 2022. Pengertian Lembaga: pengertian dan contoh lembaga di Indonesia. Sumber online: https://accurate.id/bisnis-ukm/pengertian-lembaga/ (diakses tanggal 26 Juli 2022)

Maurice, Duverger, 2010. Sosiologi Politik. Jakarta, Rajagrafindo Persada.

Mon, Mehm Tin. 2012. The Noble Path to Eternal Bliss, The Essence of Visuddhi Magga, Vol. 1. Medan: Indonesia Tipitaka Center (ITC).

Narwoko, J. Dwi dan Suyanto, Bagong (editor). 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan edisi ketiga. Jakarta : Prenada Media Group.

Prawiro, M. 2018. Pengertian Lembaga dan Kelembagaan, Perbedaannya dengan Organisasi, dan Contoh Lembaga. Sumber online: https://www.maxmanroe.com/vid/organisasi/pengertian-lembaga.html (diakses tanggal 26 Juli 2022)

Sulaiman, Sufi Healing. 2015. Penyembuhan Penyakit Lahiriah dan Batiniah Cara Sufi. Semarang: CV. Karya Abadi Jaya.

Walshe, Maurice. 2009. Kotbah-kotbah panjang Sang Buddha Digha nikaya. Jakarta: DhammaCitta.

Yesmil Anwar, Adang, 2013. Sosiologi Untuk Universitas. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

 

 

View My Stats

Jurnal Pelita Dharma (JPD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.