Pengaruh Teman Sebaya Dan Aktivitas Media Sosial Terhadap Keyakinan Pada Ajaran Buddha Dhamma Remaja Buddhis di Wihara Ariya Dipasena

Donny Monardo, Ahsanul Khair Asdar, Rakay Indramayapanna

Abstract


Dhamma merupakan suatu ajaran kebenaran yang diyakini oleh umat Buddha. Keyakinan terhadap ajaran Buddha Dhamma remaja Buddhis di wihara dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh teman sebaya dan aktivitas media sosial pada keyakinan terhadap ajaran Buddha Dhamma remaja Buddhis di Wihara Ariya Dipasena. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Responden penelitian ini adalah 60 orang remaja Buddhis di Wihara Ariya Dipasena. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, pengaruh kedua variabel independen terhadap dependen bersifar linier, tidak terjadi autokorelasi, serta data penelitian dapat dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda, Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda menunjukkan nilai Fhitung = 6,717 dengan probabilitas signifikansi = 0,002. Adapun persamaan regresi linier berganda yang diperoleh yaitu Y = 23,124 + 0,088X1 + 0,161X2. Dukungan yang diberikan oleh variabel teman sebaya dan aktivitas media sosial pada keyakinan terhadap ajaran Buddha Dhamma remaja Buddhis di Wihara Ariya Dipasena sebesar 19,1%. Secara parsial, teman sebaya tidak berpengaruh pada keyakinan terhadap ajaran Buddha Dhamma remaja Buddhis di wihara jika aktivitas media sosial dikendalikan. Aktivitas media sosial tidak berpengaruh pada keyakinan terhadap ajaran Buddha Dhamma remaja Buddhis di Wihara Ariya Dipasena jika teman sebaya dikendalikan.


Keywords


Teman Sebaya, Aktivitas Media Sosial, Keyakinan terhadap Ajaran Buddha Dhamma, Remaja Buddhis

Full Text:

PDF 1-12

References


Assauri, Sofyan. 2009. Manajemen Permasaran. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Ekasari, Agustina dan Subertin Yuliyana. 2012. Kontrol Diri dan Dukungan Teman Sebaya Dengan Coping Stress Pada Remaja. Jurnal Soul, Vol. 5, No 2, September 2012.

Jotidhammo dan Limiadi, Ananda Rudy. 2004. Majjima Nikaya II. Klaten: Vihara Bodhivamsa dan Wisma Dhammaguna.

______. 2007. Majjima Nikaya IV. Klaten: Vihara Bodhivamsa dan Wisma Dhammaguna.

Mappiare, Andi. 2003. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Mulyono, Anton M. 2001. Pengertian Aktivitas Belajar. Bandung: Pustaka Martiana.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Putri, Wilga Secsio Ratsja, dkk. 2016. Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja. Tanpa Kota: Jurnal Prosiding KS Riset dan PKM.

Rahmawati, Heny Kristiana.2016. Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal di Argopuro. Jurnal IAIN Kudus, Vol. 1, No. 2, Desember 2016.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak, Edisi Ketujuh Jilid Dua. Terjemahan: Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sayyidatul, Maghfiroh. 2018. Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan dan Lingkungan sosial terhadap minat menabung di Bank Syariah pada Santri Mahasiswi Darush Shalihat. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taidin, Suhaimin. 2015. Keajaiban Keyakinan Diri. ugmc.bizland.com.

Warsito, dkk. 2016. Pembinaan Kesadaran Hukum dan Upaya Peningkatan Keyakinan Umat Buddha Vihara Kesadaran, Desa Cilaku, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor. Banten: Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya.

Widjaja, Hendra. 2013. Dhamapada Syair Kebenaran. Tanpa Kota: Ehipassiko Foundation.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEX BY:

 

 

View My Stats

Jurnal Pelita Dharma (JPD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.