Pembiasaan Pembacaan Pali Wacana Paritta di Pusat Pendidikan Dan Latihan Sikkhadama Santibhumi

Iin Suwarni

Abstract


The problem examined in this study was the Habit of Pāli Wacana Paritta at the Sikkhadama Santibhumi Training Center in Tangerang. Beginning to hear the Pāli paritta discourse in several monasteries/cetiya there were differences caused by the local dialect. In fact, the difference in reciting the paritta in Pāli wacana is not a mistake as the dialect of each person cannot be forced. However, actually this can be attempted so that uniformity occurs in the context of the paritta discourse, because actually there is the same Pāli grammar. So the purpose of this study was to describe the habituation of the paritta discourse at the Sikkhadama Santibhumi Training Center in Tangerang.

This research is a qualitative descriptive study. The subjects of this study were Sangha Bhikkhu, Romo/Ramani, administrators, SMB supervisors and Sikkhadama Pusdiklat Santibhumi people. The object in this study was the habituation of the discourse at the Sikkhadama Santibhumi Training Center in Tangerang. Data collection techniques by means of interviews, documentation and observation. Qualitative data analysis using the Miles and Huberman models. Through this research, the researcher described the phenomenon of the habituation of the paritta discourse at the Sikkhadama Santibhumi Training Center in Tangerang.

The results of this study indicate that the process of habituation of the paritta discourse went smoothly with the guidance of the Sangha Bhikkhu. Even though the process is always given the procedure for reading. This is because the people who come from different Buddhist backgrounds. The determinants of the level of success in the implementation of the pitta of the paritta discourse include the guidance of the devotional service. With good worship leaders, the people will follow the parish discourse well.

 

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini  adalah pembiasaan li Wacana Paritta di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Sikkhadama Santibhumi Tangerang. Berawal dari mendengar pembacaan li wacana paritta di beberapa wihara/cetiya ternyata terdapat perbedaan yang disebabkan oleh dialek setempat. Sebenarnya perbedaan cara membaca li wacana paritta bukan merupakan kesalahan karena memang dialek tidak dapat dipaksakan. Namun, sebenarnya hal tersebut dapat diupayakan agar terjadi keseragaman dalam li wacana paritta, karena sesungguhnya terdapat tata bahasa li yang sama. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pembiasaan pembacaan li wacana paritta di Pusdiklat Sikkhadama Santibhumi Tangerang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Bhikkhu Sangha, Romo/Ramani, pengurus, pembimbing Sekolah Minggu Buddha (SMB), dan umat Pusdiklat Sikkhadama Santibhumi. Objek penelitian ini adalah pembiasaan pembacaan li wacana di Pusdiklat Sikkhadama Santibhumi Tangerang. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data kualitatif menggunakan model Miles & Hubberman. Melalui penelitian ini, peneliti mendeskripsikan fenomena pembiasaan pembacaan li wacana paritta di Pusdiklat Sikkhadama Santibhumi Tangerang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembiasaan pembacaan li wacana paritta berjalan dengan lancar atas bimbingan Bhikkhu Sangha. Meskipun dalam prosesnya selalu diberikan arahan tata cara pembacaannya. Hal tersebut dikarenakan umat yang hadir dari latar belakang Agama Buddha yang berbeda. Penentu tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan pembiasaan pembacaan li wacana paritta di antaranya oleh pemandu puja bakti. Dengan pemimpin puja bakti yang baik maka umatnya akan mengikuti pembacaan li wacana paritta dengan baik.


Keywords


habituation, Pāli discourse, paritta

Full Text:

1-14 PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nawawi, Hadari. 1999. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta:

Gajah Mada University Press.

Slamet, Y. 2006. Metode Penelitian Sosial. Surakarta: UNS Press. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Supandi, J. Cunda. 2010. Tata Bahasa Pali. Jakarta: Medio Vidyacardhana Samuha (Grup Pengembang Pengetahuan).

Surada, I Made. 2006. Pelajaran Bahasa Sanskerta. Surabaya: Paramita.

Usman, Husaini, & Akbar, Purnomo Setiady. 2004. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Yayasan Sangha Theravada Indonesia. 2013. Paritta Suci. Bekasi:

Percetakan Bocah Marga Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Jurnal Pelita Dharma (JPD) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.